Faustine, Amadea (2016) Implementasi strategi komunikasi otoritas jasa keuangan (ojk) dalam menyosialisasikan literasi keuangan kepada masyarakat (studi kasus pada event pasar keuangan rakyat 2014). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Literasi keuangan, merupakan suatu hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap anggota masyarakat Indonesia, dari segala kalangan. Sebab, literasi keuangan yang baik dapat membantu masyarakat dalam memahami manfaat dan kegunaan produk dan jasa yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan yang saat ini semakin banyak jumlah maupun jenisnya, sehingga masyarakat dapat memilih produk dan jasa keuangan yang paling sesuai dengan kebutuhan pribadi setiap anggota masyarakat. Sesuai dengan pasal 28 huruf (a) UU No. 21 Tahun 2011, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki ewajiban untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat atas karakteristik sektor jasa keuangan, layanan, dan produknya. Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan program sosialisasi literasi keuangan kepada masyarakat, dengan harapan bahwa tingkat pengetahuan mengenai industri keuangan akan meningkat, dan pada akhirnya akan menaikan tingkat utilitas dan kepercayaan masyarakat serta konsumen terhadap lembaga dan produk jasa keuangan di Indonesia (well literate). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami implementasi strategi komunikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menyosialisasikan literasi keuangan kepada masyarakat melalui event Pasar Keuangan Rakyat (PKR) 2014 berjalan dan kendala apa yang dihadapi dalam elaksanaan sosialisasi literasi keuangan tersebut. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa program literasi keuangan yang dilaksanakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui event Pasar Keuangan Rakyat (PKR) berjalan sukses dalam meningkatkan awareness dan knowledge masyarakat Indonesia akan produk dan jasa keuangan yang ditawarkan, belum sukses dalam membuat masyarakat terutama kelompok masyarakat menengah bawah (C, D, dan E) merasa yakin (confidence) untuk menggunakan produk dan jasa keuangan yang telah diinformasikan dalam event Pasar Keuangan Rakyat (PKR) tersebut dalam kehidupan sehari – hari mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 03:23 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 05:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/198 |
Actions (login required)
View Item |