Verelin, Cherissa (2022) Pengaruh Product Placement Kopiko dalam Drama Korea Vincenzo terhadap Brand Image (Survei pada Followes Fans Club Vincenzo di Instagram). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan teknologi yang signifikan memberikan banyak keuntungan dalam industri hiburan, salah satunya adalah kemudahan dalam mempromosikan kebudayaan dan karakter suatu kepada negara lain. Brand Kopiko, permen kopi asal Indonesia telah memanfaatkan hal ini dengan melakukan product placement dalam drama Korea Vincenzo. Kopiko setidaknya muncul pada 4 scene yang berbeda di drama Korea ini dengan dikonsumsi oleh para pemerannya melalui berbagai adegan. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui pengaruh strategi product placement yang dilakukan Kopiko dalam Drama Korea Vincenzo terhadap brand image Kopiko. Penelitian kuantitatif ini menggunakan teori product placement (variabel X) dari Belch & Belch dan brand image (variabel Y) dari Kotler & Keller sebagai acuan konsep. Berdasarkan nilai koefisien determinasi pada uji regresi linear sederhana, dapat dibuktikan bahwa product placement memberikan kontribusi sebesar 31,2% terhadap brand image. Sementara 68,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | brand image, drama Korea, product placement |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 07:44 |
Last Modified: | 12 May 2023 03:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19864 |
Actions (login required)
View Item |