Perancangan Shot untuk Memvisualkan Perubahan Emosi Tokoh pada Film Animasi 2D "Paint"

Malachi, Jeremy (2021) Perancangan Shot untuk Memvisualkan Perubahan Emosi Tokoh pada Film Animasi 2D "Paint". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (750kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (517kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (409kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (250kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai perancangan shot untuk memvisualkan perubahan emosi pada tokoh dalam film animasi 2D Paint. Setiap mahluk hidup khususnya manusia memiliki berbagai macam emosi atau perasaan yang dimilikanya. Dalam film hal tersebut dapat ditunjukan melalui shot. Shot memiliki peranan penting dalam menyampaikan makna yang ingin disampaikan. Oleh karena itu, penulis berkeinginan untuk merancang sebuah shot yang dapat memvisualkan perubahan emosi pada tokoh. Untuk melakukan perancangan shot ini, penulis mengambil beberapa sumber literatur seperti buku dan situs web untuk keperluan teori yang akan dipakai. Teori shot yang penulis pakai meliputi teori mengenai jarak shot, komposisi, pergerakan kamera, dan angle. Penulis juga menyematkan teori mengenai emosi sebagai teori yang melandasi perubahan emosi yang ingin ditampilkan. Dalam proses perancangan, Penulis melakukan observasi shot terhadap berbagai film yang dirasa memiliki beberapa kemiripan dengan karya yang penulis rancangkan. Penulis kemudian mulai melakukan pemecahan adegan terhadap shot yang akan penulis rancang. Penulis memakai Metode eksperimen dan eksplorasi dalam perancangan shot ini. Eksperimen tersebut penulis lakukan dengan melakukan sketsa dan menemukan shot secara bertahap. Penulis juga melakukan metode eksplorasi dimana penulis mengambil referensi shot dari film yang sudah penulis observasi. Setelah semua hal tersebut dilakukan, penulis menemukan kesimpulan bahwa dengan menggunakan jarak shot, angle, pergerakan kamera, dan komposisi dapat memperlihatkan emosi pada tokoh.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Animasi, Shot, Emosi
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:09
Last Modified: 03 Oct 2023 05:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19912

Actions (login required)

View Item View Item