Parikesit, Gregorius Bagus (2021) Penerapan Keragaman Etnik di Indonesia pada Perancangan Tokoh dalam Film Animasi 3D "Mengejar Layangan". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentuk dari berbagai macam pulau dan disertai beragam etnis dan adat bangsa. Keragaman ini yang menyebabkan Indonesia memiliki slogan ÒBhineka Tunggal IkaÓ yang berarti Òberbeda-beda namun tetap satuÓ. Penulis melakukan perancangan tokoh untuk tugas akhir berdasarkan dari animasi 3 dimensi yang berjudul ÒMengejar LayanganÓ. Cerita utama dari film tersebut berupa pertemanan anak-anak yang terlahir dari permainan tradisional yang semakin lama terlupakan seiring teknologi berkembang. Namun, penulis merasa tokoh anak-anak yang akan muncul pada film ini perlu memiliki suatu bentuk identitas yang dapat memperlihatkan slogan yang dimiliki Indonesia. Oleh sebab itu, penulis merancang empat tokoh dengan masing-masing etnis dan ras yang berbeda untuk dapat memperlihatkan keragaman tersebut. Penulis akan melakukan perancangan tokoh yang terdiri dari gaya gambar, proporsi tubuh, bentuk tubuh, fitur wajah, warna kulit, rambut dan kostum. Perancangan tokoh akan disertai dengan teori dan acuan yang dapat mendukung pembahasan utama pada tugas akhir ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | keragaman, perancangan tokoh, animasi, etnis, ras |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 08:23 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 00:27 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19926 |
Actions (login required)
View Item |