Perbandingan Tingkat Kepuasan Audiens Podcast Kompas.com dan Tempo

Agustine, Dinda Rahmawati (2021) Perbandingan Tingkat Kepuasan Audiens Podcast Kompas.com dan Tempo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (843kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (538kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (846kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (120kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (789kB)

Abstract

Podcast menjadi salah satu media mainstream yang marak dikonsumsi oleh masyarakat. Beberapa media di Indonesia mulai merambah ke platform podcast seperti Kompas.com dan Tempo. Kedua media ini menjadi media mainstream yang mulai aktif menggunakan podcast sebagai medium informasi untuk masyarakat. Maka dari itu peneliti berfokus untuk melihat sejauh mana kepuasan audiens dalam mendengarkan podcast dan melakukan perbandingan untuk melihat seberapa besar perbedaan dari masing-masing responden. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teori podcast uses and gratifications scale development, yakni metode pengembangan baru yang didapat dari dasar teori uses and gratifications. Berdasarkan teori podcast uses and gratifications scale development terdapat empat motif yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan khalayak. Motif tersebut adalah controlling edutainment, storytelling transportation, keterlibatan sosial, dan multitasking. Untuk melihat nilai dan perbedaan dari khalayak, maka penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan survei. Teknik analisis yang digunakan oleh peneliti yakni dengan melihat perbandingan dari hasil jawaban pendengar menggunakan teknik analisis mann-whitney dan membandingkan nilai masing-masing mean dan standar deviasi kelompok. Teknik analisis yang digunakan juga untuk menjawab hipotesis penelitian yakni, terdapat perbedaan dari kedua kelompok. Dari hasil penelitian yang dilakukan. Ditemukan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepuasan dari responden kedua media. Hasil keseluruhan jawaban ditemukan bahwa khalayak merasa puas dengan konten yang ada pada podcast Kompas.com dan Tempo. Hal ini dibuktikan dengan empat motif yang terdapat pada teori podcast uses and gratification scale development yakni, motif controlling edutainment, storytelling transportation, keterlibatan sosial, dan multitasking. Khalayak menjawab dengan nilai positif terhadap keempat motif tersebut yang menyatakan bahwa mereka puas dengan konten yang terdapat pada podcast Kompas.com ddan Tempo.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: podcast, uses and gratifications, perbandingan. Kompas, Tempo
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Oct 2022 05:30
Last Modified: 29 May 2023 05:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19949

Actions (login required)

View Item View Item