Analisis Sentimen Deteksi Ulasan Palsu terhadap Toko Online Menggunakan Algoritma Naive Bayes, Support Vector Machine, dan Logistic Regression

Hans Christian, Pius (2022) Analisis Sentimen Deteksi Ulasan Palsu terhadap Toko Online Menggunakan Algoritma Naive Bayes, Support Vector Machine, dan Logistic Regression. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (428kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (391kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pengguna toko online terus bertambah setiap tahunnya, hal ini berdampak pada jumlah ulasan yang semakin bertambah banyak. Pelanggan dapat memberikan ulasan tentang produk dan layanannya dengan memposting ke suatu sosial media seperti bagus atau tidaknya produk, tampilan keseluruhan, tentang produknya dan sebagainya. Sulit bagi konsumen untuk mendapatkan ulasan mana yang paling benar untuk bisa dipercayai benar. Ulasan memegang peranan yang sangat penting bagi calon konsumen untuk memutuskan membeli produk atau layanan tersebut. Analisis sentimen ini akan mendeteksi ulasan palsu terhadap toko online yang ada di media sosial Twitter dengan menggunakan algoritma naïve bayes dan support vector machine kemudian akurasi kedua algoritma tersebut akurasinya akan dibandingkan. Teks ulasan akan diproses hingga akan menghasilkan data deteksi ulasan palsu dan akurasi analisis sentimen terhadap toko online Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Hasil dari penelitian analisis sentimen ini menemukan bahwa algoritma yang paling tepat untuk klasifikasi sentimen ulasan terhadap toko online adalah Support Vector Machine dengan akurasi tertinggi hasil akurasi tertinggi 70.58% untuk data real dan 92.45% untuk data fake. Logistic Regression 70.49% untuk data real dan 92.45% untuk data fake. Naïve Bayes 69.89% untuk data real dan 91.84% untuk data fake.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Logistic Regression, Naïve Bayes, Support Vector Machine, Toko Online, Twitter vii Analisis Sentimen Deteksi..., Pius Hans Christian, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:28
Last Modified: 03 Aug 2023 07:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19989

Actions (login required)

View Item View Item