Proses Pembuatan Website Berita Berbasis Komik

Harijati, Eza (2022) Proses Pembuatan Website Berita Berbasis Komik. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (200kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (684kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (176kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pengajuan skripsi berbasis karya yang diajukan oleh penulis berupa pembuatan media daring. Tema media daring yang akan diajukan adalah berita seputar brand lokal di Indonesia yang bernama Daily.id. Target audiens 20-40 tahun yang memiliki ketertarikan informasi seputar brand lokal di Indonesia. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan menunjukan pada 2018 total pelaku UMKM mencapai 64.199.606 unit usaha, UMKM menyumbang 57,24 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan, 2020, p. 2). Berkaitan dengan hal tersebut, tentu akan sangat baik membantu para UMKM dan ekonomi Indonesia yang akan penulis kembangkan. Selain itu, dalam mengembangkan prototipe media daring, penulis menggunakan teknik pemberitaan berbasis komik yang menjadi kosep utama Daily.id. Daily.id memiliki lima rubrik berita, setiap rubrik setidaknya memiliki dua artikel berita. Tiga rubrik berbentuk berita dalam komik, yaitu Liputan Khusus, Tokoh, dan Digital Marketing. Rubrik Tips and Trik memfokuskan pada berita dalam infografis, dan rubrik Rekomendasi memfokuskan pada illustrasi gambar. Dampak yang diharapkan dari karya ini adalah prototipe yang sudah dibuat dapat dikembangkan menjadi suatu bisnis media digital yang berhasil. Daily.id diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan industri produk-produk lokal, salah satunya adalah meningkatkan pengetahuan literasi produl-produk lokal dengan cara baca berita berita dalam bentuk komik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media daring, komik jurnalistik, generasi milenial Kluster Karya: Innovation & Development Based Project vii Proses Pembuatan Website Berita Berbasis Komik, Eza Harijati, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing > 070.172 Newspapers
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:06
Last Modified: 16 Jun 2023 07:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20012

Actions (login required)

View Item View Item