Putri Bachtiar, Hayatinisa (2022) Pengaruh Pesan Persuasif Konten Media Sosial terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi COVID-19 (Studi pada Followers Akun Instagram @kemenkes_ri). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pada masa pandemi saat ini, informasi kesehatan yang banyak tersebar adalah informasi mengenai COVID-19 di Indonesia. Informasi saat ini mudah didapatkan dari berbagai sumber, mulai dari yang terpercaya hingga sumber yang memberikan informasi tidak benar (hoaks) atau disinformasi. Kementerian Kesehatan merupakan salah satu instansi pemerintah yang turut memberikan informasi resmi seputar COVID-19 di media sosial Instagram @kemenkes_ri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari konten persuasif media sosial Instagram terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan menggunakan metode survei secara online. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model dan Uses and Gratification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh konten persuasif terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi adalah sebesar 9.9%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | pesan persuasif, Instagram, COVID-19, Kebutuhan Informasi, Elaboration Likelihood Model viii Pengaruh Konten Persuasif Media Sosial.., Hayatinisa Putri Bachtiar, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 05:39 |
Last Modified: | 02 May 2023 03:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20020 |
Actions (login required)
View Item |