Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karakter DOTA 2

Louis Rago, Edward (2022) Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karakter DOTA 2. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (206kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

DOTA 2 merupakan sebuah game (permainan) berbasis PC yang memiliki tingkat kompleksitas cukup tinggi terutama terhadap para pemula, dikarenakan banyaknya hero (karakter) yang dapat dimainkan oleh pemain. Aplikasi website DOTA 2 Heroes Recommendation System merupakan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan (SPK) yang dibangun dengan tujuan untuk membantu para pemula dalam permainan DOTA 2, untuk memilih hero apa yang dikira cocok dengan preferensi dari role (peran) maupun jenis hero yang diinginkan oleh pemain tersebut. Beberapa fitur yang tersedia dalam website adalah informasi mengenai role apa saja yang ada pada permainan DOTA 2, informasi mengenai hero apa saja yang ada, cara penggunaan aplikasi, dan juga sistem pendukung keputusan itu sendiri. Hasil rekomendasi sistem didapatkan dari perhitungan input yang diperoleh dari user, yang kemudian diproses menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), lalu dipadukan dengan penilaian dari 3 orang pakar yang berbeda terhadap nilai / bobot dari masing ­ masing role suatu hero yaitu "Carry", "Midlane", "Offlane", "Support", "Hard Support", dan kemudian diambil 5 hero dengan nilai preferensi tertinggi untuk menjadi output yang diberikan kepada user. Hasil penilaian / evaluasi terhadap sistem tentang tingkat kegunaan aplikasi didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner yang dibuat berdasarkan metode End User Computing Satisfaction (EUCS), dan dihitung menggunakan Skala Likert. Nilai akhir yang didapatkan terhadap evaluasi sistem berdasarkan kuesioner yang telah direkapitulasi dan dihitung dengan menggunakan metode EUCS mencapai angka 83.42%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analytical Hierarchy Process, Defense of the Ancients 2, End User Computing Satisfaction, Sistem Pendukung Keputusan, Skala Likert. viii Implementasi Metode Analytical..., Edward Louis Rago, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:52
Last Modified: 23 Aug 2023 06:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20027

Actions (login required)

View Item View Item