Proses Gatekeeping dan Penerapan Jurnalisme Viral pada Produksi Konten SEO Kumparan

Lau, Queenshell Lovevinca (2022) Proses Gatekeeping dan Penerapan Jurnalisme Viral pada Produksi Konten SEO Kumparan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (357kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (376kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (125kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (804kB)

Abstract

Khalayak atau audiens merupakan salah satu faktor terpenting yang menentukan ketahanan media. Sejak tahun 1970-an pengaruh audiens sudah sangat dirasakan dalam ruang redaksi dengan munculnya tren bisnis media baru yang melahirkan market-driven journalism. Kemudian pada abad 21 muncul bentuk jurnalisme baru yaitu ambient journalism karena keberadaan media sosial. Konsep tersebut pun akhirnya mendorong kemunculan two-step gatekeeping yang menggaris bawahi kekuasaan audiens dalam ruang redaksi. Kini setelah tekonologi semakin berkembang dan peran media sosial semakin membesar muncul konsep jurnalisme viral yang dapat dikatakan sebagai gabungan antara market-driven journalism dan ambient journalism. Konsep baru ini belum pernah diteliti di Indonesia sebelumnya, Media digital seperti Vice dan Buzzfeed menjadi objek utama penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Banyaknya konten media digital Indonesia yang sangat tersegmentasi menjadi salah satu indikasi penerapan konsep tersebut. Oleh karena itu, peneliti memilih Kumparan, salah sat media digital terbesar di Indonesia yang memiliki divisi khusus SEO sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus untuk mempelajari penerapan jurnalisme viral pada divisi SEO Kumparan dan pengaruh penerapan tersebut terhadap proses gatekeeping dalam produksi konten SEO. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semiterstruktur dengan Eka Laili Rosidha selaku SEO Editor Kumparan dan Grace Thio Tryphena selaku SEO Writer paling senior di divisi tersebut, serta observasi konten SEO yang sudah diunggah. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa Kumparan hanya menerapkan sebagian dari konsep jurnalisme viral dan hal tersebut tidak memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap proses gatekeeping produksi konten SEO Kumparan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: gatekeeping, jurnalisme viral, media daring, SEO writing
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:14
Last Modified: 17 Jun 2023 05:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20036

Actions (login required)

View Item View Item