Strategi Kreatif Kampanye Iklan dalam Mengangkat Isu Feminisme: Studi Kasus Iklan Pantene "Rambut Ideal itu Panjang dan Hitam kah?"

Nareswari, Stella (2022) Strategi Kreatif Kampanye Iklan dalam Mengangkat Isu Feminisme: Studi Kasus Iklan Pantene "Rambut Ideal itu Panjang dan Hitam kah?". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (857kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Isu feminisme di Indonesia kerap memiliki fokus terhadap pentingnya kesetaraan gender. Di Indonesia, perempuan dan laki-laki mulai memahami pentingnya kesetaraan gender baik dalam kehidupan sehari-hari, di tempat kerja, maupun di fasilitas lainnya. Adanya pemahaman pentingnya kesetaraan gender mendorong masyarakat Indonesia untuk melakukan aktivitas yang mengedepankan posisi perempuan, termasuk salah satunya periklanan. Dalam dunia periklanan terdapat konsep brand-cause fit. Menurut Kotler & Keller, brand-cause fit merupakan upaya yang digunakan para brand untuk mendapatkan keuntungan melalui aktivitas yang digolongkan positif. Kesetaraan gender merupakan salah satu isu yang sering diangkat dalam melakukan upaya brand-cause fit. Maka dari itulah mulai dikenalnya istilah femvertising. Femvertising dijadikan sebuah peluang untuk mendapat profit sekaligus merubah citra perempuan. Pantene yang merupakan brand perawatan rambut ternama di dunia telah menggunakan femvertising sebagai sebuah pendekatan untuk iklannya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif dari sebuah kampanye iklan berdasarkan konsep Belch & Belch dalam mengangkat isu feminisme dalam iklan Pantene yang berjudul "Rambut Ideal itu Panjang dan Hitam kah?". Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa strategi kreatif dari kampanye iklan yang digunakan oleh Pantene untuk iklan ini belum sepenuhnya sejalan dengan konsep Belch & Belch. Strategi kreatif yang digunakan Pantene juga sedikit berbeda khususnya pada tahap reality or verification. Sedangkan untuk tahap lainnya sudah sejalan dengan konsep yang dikemukakan oleh Belch & Belch.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye Iklan, Strategi Kreatif, Pantene, dan Femvertising vi Strategi Kreatif Kampanye Iklan dalam Mengangkat Isu Feminisme: Studi Kasus Iklan Pantene "Rambut Ideal itu Panjang dan Hitamkah?", Stella Nareswari, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:32
Last Modified: 28 Apr 2023 05:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20039

Actions (login required)

View Item View Item