Mariam, Aiga (2021) Strategi Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Online di SMP Sekolah Alam Mekar Bakti Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sejak awal tahun 2020, pemerintah menerapkan pembelajaran online lantaran situasi pandemi Covid-19 yang semakin mewabah. SMP Sekolah Alam Mekar Bakti Tangerang menjadi salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran online di Kabupaten Tangerang. Alasan penulis memilih sekolah ini karena ditemukan perbedaan yang signifikan dari proses pembelajaran sebelum dan saat pandemi Covid-19. Sekolah ini menerapkan kurikulum sekolah alam di mana 70% materi bersifat praktik. Sedangkan di saat pandemi, proses pembelajaran secara serentak dilaksanakan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran online di SMP Sekolah Alam Mekar Bakti Tangerang dan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang sesuai dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran online di SMP Sekolah Alam Mekar Bakti Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori belajar sosial Bandura (1977). Hasil penelitian ini adalah strategi komunikasi guru di SMP Sekolah Alam Mekar Bakti Tangerang mengalami perubahan selama menjalani proses pembelajaran online. Namun dari perubahan cara mengajar tersebut, nyatanya para siswa cenderung tidak memperlihatkan peningkatan motivasi belajar, bisa dibilang motivasi belajar siswa bersifat stagnan, tidak meningkat ataupun menurun.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Strategi Komunikasi, Pedagogi, Motivasi Belajar, Pembelajaran Online |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:35 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 01:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20067 |
Actions (login required)
View Item |