Triary Hardy, Marco (2022) Representasi Jakarta sebagai Kota Urban Culture dalam Konten Media Sosial Instagram @jakarta_tourism: Analisis Semiotika Roland Barthes. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Media sosial dapat membentuk identitas terhadap konten yang termuat di dalamnya. Identitas tersebut terbentuk berdasarkan simbol atau tanda dari konten media sosial yang terlihat secara realitas. Konten-konten media sosial Instagram @jakarta_tourism menjadi salah satu yang merepresentasikan identitas Jakarta sebagai kota urban culture. Makna kota urban culture sendiri yaitu suatu pengaruh kebudayaan perkotaan terhadap aktivitas masyarakat, bisnis, organisasi sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengungkap representasi Jakarta sebagai kota urban culture berdasarkan tanda-tanda yang terdapat di dalam konten media sosial Instagram @jakarta_tourism. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis semiotika Roland Barthes. Fokus utama dari analisis semiotika Roland Barthes yaitu mencari makna denotasi, konotasi, dan mitos dari sebuah tanda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa konten dari akun Instagram @jakarta_tourism merepresentasikan Jakarta sebagai kota urban culture. Hal tersebut terungkap setelah penelitian ini menganalisis menggunakan kajian sintagmatik dan paradigmatik terhadap dua sampel unggahan akun Instagram @jakarta_tourism, untuk menemukan makna denotasi dan konotasi/mitos. Adapun mitos yang ditunjukkan bahwa konsep kota urban culture berkaitan erat dengan bentuk akulturasi budaya perkotaan dan masyarakat urban, serta ruang untuk mengekspresikan beragam seni dan budaya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Jakarta, Media Sosial, Representasi, Semiotika Roland Barthes, Urban Culture x Representasi Jakarta Sebagai..., Marco Triary Hardy, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 307 Communities (Incl. Indigenous, Rural, Suburban and Urban Communities) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 03:49 |
Last Modified: | 12 May 2023 00:33 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20099 |
Actions (login required)
View Item |