Tasia, Aniq (2016) Pemanfaatan pr digital dalam menyosialisasikan program dan kebijakan publik pemerintah provinsi DKI Jakarta (analisis pengelolaan social media Jakarta smart city). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi serta meningkatnya kebutuhan akan informasi yang dapat diakses secara mobile dan respon cepat telah menuntut humas pada instansi pemerintahan untuk bertransformasi ke digital. Pemanfaatan social media dilakukan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat mengenai program dan kebijakan pemerintah, sehingga menciptakan pemahaman masyarakat akan program-program yang sedang maupun yang akan dilaksanakan. Untuk mengetahui hal ini secara mendalam, penelitian ini menggunakan model strategi social media yang ditulis oleh Deidre Breakenridge yang dimulai dari fase riset sampai fase pengukuran. Penelitian ini juga menggunakan metode studi kasus dan mendapatkan data dari hasil wawancara mendalam kepada pihak Diskominfomas dan Unit Pengelola Jakarta Smart City. Hasil analisis pengelolaan sosial media yang dilakukan oleh Jakarta Smart City menunjukkan Jakarta Smart City telah melakukan kegiatan social media berdasarkan konsep yang peneliti gunakan. Penggunaan social media yang dilakukan oleh Jakarta Smart City telah membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyosialisasikan program dan kebijakan publik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan social media milik Jakarta Smart City dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki kekuatan pada proses penciptaan konten. Walau belum dilaksanakan secara maksimal, kegiatan pengelolaan social media yang dilakukan oleh Jakarta Smart City telah sesuai dengan rangkaian strategi social media dan sesuai dengan tujuan awal dilakukannya pemanfaatan social media.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 03:26 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 08:26 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/201 |
Actions (login required)
View Item |