Perancangan Kampanye Interaktif untuk Edukasi Mengenai Bahaya Fear of Missing Out pada Remaja Umur 15-21 Tahun di Jabodetabek

Hutabarat, David Julio (2022) Perancangan Kampanye Interaktif untuk Edukasi Mengenai Bahaya Fear of Missing Out pada Remaja Umur 15-21 Tahun di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (346kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Fear of missing out atau FoMO merupakan fenomena seseorang memiliki keinginan besar untuk selalu berhubungan dengan apa yang dilakukan orang lain. Dalam penelitian penulis mewawancarai psikolog, menyebar survei kepada remaja Jabodetabek, melakukan studi referensi, dan studi eksisting. Orang yang terkena FoMO menurut wawancara dan riset dapat menyebabkan kecemasan dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kejiwaan atau gangguan kepribadian. Banyak yang terkena social anxiety karena kekurangan percaya diri dan depresi mengenai kehidupan sosialnya. Ditemukan bahwa FoMO merupakan hal umum dan banyak yang merasakannya. Didapatkan kesimpulan bahwa media informasi FoMO sudah banyak tetapi tidak menggunakan metode penyebaran yang baik sehingga tidak akan bisa mencapai target audience. Maka dari itu penyebarluasan bahaya FoMO dapat dilakukan melalui kampanye interaktif. Penulis menggunakan metode design thinking oleh Lewrick (2018) untuk merancang kampanye interaktif. Dalam desain konten kampanye penulis menggunakan teori menurut Landa, Lauren dan Pentak, dan Anggraini dan Nathalia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: FoMO, social anxiety, kampanye interaktif vi Kampanye Interaktif untuk Edukasi Bahaya Fear of Missing Out pada Remaja Umur 15 ­ 21 Tahun di Jabodetabek, David Julio Hutabarat, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:09
Last Modified: 14 Sep 2023 00:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20104

Actions (login required)

View Item View Item