Pengaruh Instagram Marketing di Instagram ZAP Clinic terhadap Customer Engagement: Survei terhadap Pengikut Instagram @zapcoid Selama Pandemi COVID-19

Michael Angelo, Fernando (2021) Pengaruh Instagram Marketing di Instagram ZAP Clinic terhadap Customer Engagement: Survei terhadap Pengikut Instagram @zapcoid Selama Pandemi COVID-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (216kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Industri kecantikan diekspektasikan bertumbuh pesat di Indonesia bertahun-tahun ke depan. Klinik estetika menjadi satu kegiatan bisnis yang merasakan perkembangan industri ini. Namun, masuknya pandemi COVID-19 di Indonesia membuat kegiatan yang memiliki kontak fisik, seperti klinik estetika, harus berhenti total. Klinik estetika seperti ZAP Clinic harus memutar cara untuk mempertahankan bisnisnya, dengan memanfaatkan Instagram Marketing. Sayangnya, engaement rate dari Instagram @zapcoid terpantau rendah dibandingkan klinik estetika lain. Penelitian ini ingin melihat apakah Instagram Marketing berpengaruh terhadap customer engagement. Penelitian dilakukan terhadap 308 responden dari populasi yaitu pengikut Instagram @zapcoid, dengan pendekatan kuantitatif eksplanatif, berparadigma positivisme, serta melakukan survei dengan instrumen kuesioner. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh antara Instagram marketing terhadap customer engagement dengan korelasi di tingkat sedang. Melalui uji regresi linear sederhana, Instagram Marketing memiliki pengaruh sebanyak 29,5% terhadap customer engagament sedangkan 70,5% faktor lain tidak ada di penelitian ini. Didapatkan persamaan Y=-0,393+0,425(X) yang berarti hubungan mengarah positif. Selain itu, Instagram Marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer engagement.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Instagram Marketing, Customer Engagement, ZAP Clinic, Pandemi COVID-19. vii Pengaruh Instagram Marketing..., Fernando Michael A. M., Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:15
Last Modified: 28 Apr 2023 02:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20105

Actions (login required)

View Item View Item