Senjaya Putra, Yoga (2022) Penerapan Etika Jurnalisme Imersif pada Video 360º di Kanal YouTube CNN Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sifat konsep dasar dan tujuan dari jurnalisme imersif yang dianggap bisa menjadi "mesin penggerak empati" menjadi kesan menarik dari konsep jurnalistik baru ini. Tetapi potensi tersebut menimbulkan pertanyan dan diskusi kode etik dari beberapa praktisi serta akademisi jurnalisme imersif. Isu tersebut akan sulit dijawab jika dilihat dari penerapan kode etik jurnalistik tradisional, mengingat karakteristik jurnalisme imersif yang unik. Oleh karena itu Sara Pérez-Seijo dan Xosé López-García mengemukakan lima konsep etik khusus untuk mengkaji dan memperhatikan praktik produksi jurnalisme imersif yang terdiri dari Image Integrity, Recreation of News, Sources and Staging, Role of the Journalist and/or Recording Team dan Sensitive Content. Penelitian ini mencoba untuk menganalisa penerapan lima konsep etik jurnalisme imersif tersebut kepada konten video 360° CNN Indonesia yang diproduksi pada kanal YouTube CNN Indonesia. Untuk melihat penerapan kelima konsep etis tersebut, peneliti menggunakan studi analisis isi sebagai metodologi penelitian. Nantinya peneliti ingin melihat dan mendeskripsikan bagaimana praktik video 360° yang diproduksi oleh CNN Indonesia melalui kanal YouTube jika dilihat dari perspektik kelima konsep etika yang dibentuk oleh Sara Pérez-Seijo dan Xosé López-García.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kode Etik Immersive Journalism, Video 360 º, Immersive Journalism, CNN Indonesia viii Penerapan Etika Jurnalisme Imersif pada Video 360 Jenis di Kanal YouTube CNN Indonesia, Yoga Senjaya Putra, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 08:33 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 01:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20119 |
Actions (login required)
View Item |