Penerapan Etika Jurnalisme Imersif pada Video 360º di Kanal YouTube CNN Indonesia

Senjaya Putra, Yoga (2022) Penerapan Etika Jurnalisme Imersif pada Video 360º di Kanal YouTube CNN Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (975kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (362kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12MB)

Abstract

Sifat konsep dasar dan tujuan dari jurnalisme imersif yang dianggap bisa menjadi "mesin penggerak empati" menjadi kesan menarik dari konsep jurnalistik baru ini. Tetapi potensi tersebut menimbulkan pertanyan dan diskusi kode etik dari beberapa praktisi serta akademisi jurnalisme imersif. Isu tersebut akan sulit dijawab jika dilihat dari penerapan kode etik jurnalistik tradisional, mengingat karakteristik jurnalisme imersif yang unik. Oleh karena itu Sara Pérez-Seijo dan Xosé López-García mengemukakan lima konsep etik khusus untuk mengkaji dan memperhatikan praktik produksi jurnalisme imersif yang terdiri dari Image Integrity, Recreation of News, Sources and Staging, Role of the Journalist and/or Recording Team dan Sensitive Content. Penelitian ini mencoba untuk menganalisa penerapan lima konsep etik jurnalisme imersif tersebut kepada konten video 360° CNN Indonesia yang diproduksi pada kanal YouTube CNN Indonesia. Untuk melihat penerapan kelima konsep etis tersebut, peneliti menggunakan studi analisis isi sebagai metodologi penelitian. Nantinya peneliti ingin melihat dan mendeskripsikan bagaimana praktik video 360° yang diproduksi oleh CNN Indonesia melalui kanal YouTube jika dilihat dari perspektik kelima konsep etika yang dibentuk oleh Sara Pérez-Seijo dan Xosé López-García.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kode Etik Immersive Journalism, Video 360 º, Immersive Journalism, CNN Indonesia viii Penerapan Etika Jurnalisme Imersif pada Video 360 Jenis di Kanal YouTube CNN Indonesia, Yoga Senjaya Putra, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2022 08:33
Last Modified: 20 Jun 2023 01:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20119

Actions (login required)

View Item View Item