Setiawati, Melia (2022) Hubungan Antara Tingkat Literasi Media dengan Skeptisisme Media pada Mahasiswa di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, ketersediaan informasi di Indonesia semakin pesat. Khalayak juga dapat dengan mudah mengakses dan menyebarluaskan informasi melalui berbagai platform media, namun di samping itu khalayak memiliki sikap skeptisisme terhadap informasi atau berita yang disajikan oleh media khususnya media online. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu hubungan antara tingkat literasi media dengan skeptisisme media pada Mahasiswa di Tangerang. Agar dapat melengkapi, skripsi ini menggunakan alat ukur Literasi Media dan Informasi (LMI) milik UNESCO dan skala kredibilitas hasil pengembangan Tsfati (2003) yakni yang akan mengukur seberapa besar hubungan antara literasi media dan skeptisisme media. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif di wilayah Tangerang yakni sebesar 398 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non- probability sampling dengan menggunakan metode online survei. Hasil penelitian yang didapat yaitu terdapat hubungan yang sangat kuat antara literasi media dengan skeptisisme media pada mahasiswa di mana nilai koefisien korelasi sebesar 0,564.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | literasi media, media online, skeptisisme media, mahasiswa, jurnalisme |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 09:03 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 01:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20125 |
Actions (login required)
View Item |