Motif dan Kepuasan Pembaca Kanal Travel Kompas.com pada Generasi Millennial di Jabodetabek

Supargo, Albert (2022) Motif dan Kepuasan Pembaca Kanal Travel Kompas.com pada Generasi Millennial di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (500kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (254kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sektor pariwisata diyakini sebagai salah satu sektor ekonomi tersukses pada abad ke 20, dan perkembangannya kian pesat pada masa kini. Industri ini telah menjadi komponen yang sangat penting dari ekonomi dunia. Selain dampak ekonominya yang sangat besar bagi perekonomian, ada juga implikasi yang cukup besar bagi dampak pariwisata terhadap minat dalam masyarakat. Jurnalisme travel merupakan salah satu kategori berita gaya hidup yang memberitakan cerita wisata kepada khalayak. Jurnalisme Travel dikategorisasikan sebagai soft news, di mana kadar informasi, jurnalistik, hiburan, dan periklanan dikombinasikan. Penelitian atau literatur terdahulu mengenai pariwisata atau travel menemukan bahwa tahap pertama wisatawan membentuk citra destinasi didasarkan pada sumber-sumber dari luar industri pariwisata, seperti artikel berita pada media tetapi juga film dan buku, dan pendidikan. Jurnalisme travel tidak dapat digolongkan sebagai murni komersial, sehingga dapat memberikan penggambaran yang lebih netral terhadap khalayak. Kompas.com merupakan salah satu nama besar dalam dunia jurnalistik di Indonesia. Salah satu kanal yang menjadi pusat informasi dan rubrik jurnalisme travel pada kompas.com ditunjang pada kanal Travel. Seiring dengan perkembangan pariwisata, penelitian lebih lanjut mengenai motif dan kepuasan khalayak dirasa telah diperlukan. Penelitian ini bersifat kuantitatif komparatif dengan menggunakan metode survei. Dari 275 angket yang disebar ke pembaca kanal travel kompas.com di Jabodetabek, ditemukan bahwa terjadi kesenjangan antara motif kegunaan dan kepuasan yang diperoleh generasi millennial pengguna kanal Travel Kompas.com. Selain itu, Penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa dimensi. Perhitungan GS dan GO per dimensi dilakukan dengan menggunakan simplified discrepancy. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kanal Travel Kompas.com belum dapat memuaskan keinginan penggunanya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Jurnalisme Travel, Travel Kompas.com, Uses and Gratification, vi Kepuasan Jurnalisme Travel..., Albert Supargo, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
900 History and Geography > 910 Geography and Travel
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2022 09:09
Last Modified: 20 Jun 2023 02:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20127

Actions (login required)

View Item View Item