Perancangan Kampanye Sosial untuk Mengatasi Perundungan terhadap Penggunaan Code-Mixing

Aguston, Claravallis (2022) Perancangan Kampanye Sosial untuk Mengatasi Perundungan terhadap Penggunaan Code-Mixing. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (943kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (371kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sudah banyak dipelajari dan digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai ESL (English as Second Language) untuk berkomunikasi sehari-hari. Salah satu cara untuk mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris adalah dengan keminggris atau code-mixing dalam ilmu linguistik, yaitu perilaku mencampurkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia ketika berkomunikasi. Code-mixing adalah proses sosiolinguistik yang wajar terjadi terutama dalam konteks nonakademis. Sayangnya, pribadi-pribadi yang mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris melalui code-mixing ini mendapatkan banyak perundungan dari masyarakat yang masih belum melihat dan mewajarkan proses code-mixing. Padahal code-mixing dapat menjadi cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris penggunanya. Maka dari itu, kampanye sosial dirancang penulis demi mendorong dan mengubah pola pikir masyarakat akan wajarnya penggunaan code-mixing. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan kampanye ini adalah wawancara, observasi, dan studi referensi. Kampanye sosial ini pun dirancang menggunakan metode perancangan desain Robin Landa dan juga model komunikasi kampanye AISAS. Penulis berharap kampanye sosial yang dirancang mampu menumbuhkan empati masyarakat terhadap penggunaan bahasa Inggris di masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: bahasa Inggris, code-mixing, perundungan, kampanye sosial vii Perancangan Kampanye Sosial..., Claravallis Aguston, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:16
Last Modified: 31 May 2023 02:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20164

Actions (login required)

View Item View Item