Aguston, Claravallis (2022) Perancangan Kampanye Sosial untuk Mengatasi Perundungan terhadap Penggunaan Code-Mixing. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sudah banyak dipelajari dan digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai ESL (English as Second Language) untuk berkomunikasi sehari-hari. Salah satu cara untuk mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris adalah dengan keminggris atau code-mixing dalam ilmu linguistik, yaitu perilaku mencampurkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia ketika berkomunikasi. Code-mixing adalah proses sosiolinguistik yang wajar terjadi terutama dalam konteks nonakademis. Sayangnya, pribadi-pribadi yang mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris melalui code-mixing ini mendapatkan banyak perundungan dari masyarakat yang masih belum melihat dan mewajarkan proses code-mixing. Padahal code-mixing dapat menjadi cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris penggunanya. Maka dari itu, kampanye sosial dirancang penulis demi mendorong dan mengubah pola pikir masyarakat akan wajarnya penggunaan code-mixing. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan kampanye ini adalah wawancara, observasi, dan studi referensi. Kampanye sosial ini pun dirancang menggunakan metode perancangan desain Robin Landa dan juga model komunikasi kampanye AISAS. Penulis berharap kampanye sosial yang dirancang mampu menumbuhkan empati masyarakat terhadap penggunaan bahasa Inggris di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | bahasa Inggris, code-mixing, perundungan, kampanye sosial vii Perancangan Kampanye Sosial..., Claravallis Aguston, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 07:16 |
Last Modified: | 31 May 2023 02:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20164 |
Actions (login required)
View Item |