Perancangan Media Interaktif tentang Kejujuran untuk Anak Usia 9-12 Tahun

Gunawan, Andelson Evan (2022) Perancangan Media Interaktif tentang Kejujuran untuk Anak Usia 9-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (382kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Ketidakjujuran merupakan salah satu masalah yang masih ada di Indonesia sampai saat ini, mulai dari kasus penipuan kecil hingga korupsi dalam jumlah besar. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter kejujuran di Indonesia merupakan hal yang penting, dan salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada anak sejak dini, agar generasi selanjutnya memiliki fondasi karakter kejujuran yang lebih kuat. Karena itu, penulis melakukan perancangan yang bertujuan untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui media cerita interaktif. Metode perancangan yang digunakan adalah model perancangan media interaktif, dimulai dengan pembuatan konsep utama hingga tahap implementasi. Untuk mendukung proses perancangan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari kuesioner, wawancara, studi referensi, dan observasi. Hasil Penelitian dari 100 sampel responden menunjukkan bahwa masih banyak anak-anak di Indonesia yang terbiasa untuk berbohong (84%) dan para orang tua juga belum memiliki cara yang efektif untuk menanamkan kejujuran yang kuat kepada anak. Hal ini membuktikan bahwa anak Indonesia masih membutuhkan pendidikan kejujuran dan melalui cerita interaktif diharapkan dapat membantu/menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cerita Interaktif, Karakter, Nilai Kejujuran vi Perancangan Cerita Interaktif, Andelson Evan Gunawan, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:57
Last Modified: 12 Sep 2023 00:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20168

Actions (login required)

View Item View Item