Septian Wibowo, Jason (2022) Analisis Pengaruh Adopsi Teknologi Internet dan Sosial Media Marketing Terhadap Keberlanjutan Bisnis UKM. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived of usefulness, Perceived of usefulness terhadap Sosial Media Marketing pada UKM di Jakarta, pengaruh Perceived ease of use, Perceived ease of use terhadap Adopsi teknologi internet, pengaruh Adopsi teknologi internet berpengaruh positif terhadap Keberlanjutan Bisnis UKM di Jakarta, pengaruh Sosial Media Marketing berpengaruh positif terhadap Keberlanjutan Bisnis UKM di Jakarta. Sampel penelitian ini adalah 145 responden yang memenuhi kriteria sampel sebagai berikut: pemilik bisnis UKM di Jakarta bersedia berpartisipasi mengisi kuesioner; menggunakan sosial media untuk pemasaran produk, dan minimal telah mendirikan UKM selama 1 tahun. Metode yang digunakan menggunakan sampling method. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Model. Berdasarkan pada hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa Perceived of usefulness berpengaruh positif terhadap adopsi teknologi internet pada UKM. Perceived easefulness berpengaruh positif terhadap sosial media marketing. Perceived ease of use berpengaruh positif terhadap adopsi teknologi internet pada UKM. Perceived ease of use berpengaruh positif terhadap sosial media marketing. Adopsi teknologi internet berpengaruh positif terhadap keberlanjutan bisnis UKM. Sosial media marketingberpengaruh positif terhadap keberlanjutan bisnis UKM. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diberikan oleh penulis adalah peneliti menyarankan bahwa mahasiswa sebagai kaum generasi muda yang berperan penting bagi keberlanjutan UMKM sehingga kedepannya dapat meningkatkan pelatihan atau training kepada pemilik UMKM, peneliti menyarankan untuk menambahkan variabel baru yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dan peneliti menyarankan agar kedepannya survey dilakukan dengan jumlah yang lebih besar agar dapat memiliki karakteristik yang berbeda yang dijadikan bahan perbandingan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | adopsi teknologi internet , sosial media marketing,, keberlanjutan bisnis UKM viii Analisis Pengaruh Adopsi Teknologi Internet Dan Sosial Media Marketing Terhadap Keberlanjutan Bisnis Ukm, Jason Septian Wibowo, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 02:53 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 07:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20190 |
Actions (login required)
View Item |