Dinata, Antony (2016) Strategi konten media sosial lazada untuk membangun costumer engagement kepada publiknya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perubahan perilaku pelanggan pada era informasi, telah membuat perusahaan harus melakukan perubahan strategi untuk dapat menjangkau dan mempertahankan pelanggannya. Saat ini, customer engagement menjadi semakin diperlukan agar perusahaan dapat mengetahui kebutuhan pelanggan sehingga dapat memberikan tambahan nilai yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Penggunaan media sosial menjadi salah satu bagian yang esensial dalam melakukan pemasaran dan membangun customer engagement. Lazada Indonesia sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, melihat adanya keperluan untuk menerapkan strategi konten media sosial agar dapat membangun customer engagement. Alat utama yang digunakan dalam menerapkan strategi konten media sosial adalah blogging, microblogging, dan social networks. Fokus dalam penelitian ini menggunakan strategi social trinity (blogging, microblogging, dan social networks) yang dikemukakan oleh Lon Safko, dan siklus customer engagement yang dijelaskan oleh Sashi. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian termasuk dalam studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lazada Indonesia memiliki permasalahan terkait pelayanan after sales, sehingga hasil dari penerapan strategi konten media sosial Lazada Indonesia tidak dapat maksimal dalam membangun customer engagement.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 173 Ethics of family relationships 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 380 Commerce, communications transportation |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 03:35 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 03:43 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/202 |
Actions (login required)
View Item |