Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Grooming Online pada Anak bagi Orang Tua

Tjuatja, Tasya Jovanka (2022) Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Grooming Online pada Anak bagi Orang Tua. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (317kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Grooming online adalah salah satu kejahatan siber yang menyasar anak-anak dengan tujuan untuk mempersiapkan anak tersebut untuk melakukan aktivitas seksual di kemudian hari. Untuk mencegah kasus grooming online, maka diperlukan peran serta dari orang tua sebagai benteng utama anak dalam mengambil langkah pencegahan. Pada tahun 2019, diketahui bahwa terdapat 236 kasus grooming online di Indonesia yang melibatkan ratusan anak. Hal ini disebabkan oleh minimnya edukasi mengenai grooming online. Oleh karena itu, penulis mengajukan perancangan kampanye sosial bahaya grooming online pada anak bagi orang tua sebagai solusi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang dilakukan dalam perancangan kampanye sosial ini adalah metode kualitatif berupa wawancara, observasi eksisting, dan observasi referensi, serta metode kuantitatif berupa kuesioner. Sedangkan, penulis menggunakan metode perancangan dengan teori Landa untuk merancang kampanye sosial ini. Dari hasil penelitan yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa masih ada potensi terjadinya grooming online pada anak yang disebabkan oleh lemahnya kesadaran orang tua mengenai aktivitas anak di dunia maya dan pemahaman orang tua mengenai grooming online yang kurang mendalam. Melalui perancangan kampanye ini, penulis berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran orang tua tentang grooming online. Dengan demikian, orang tua dapat mengambil langkah pencegahan sehingga kasus grooming online tidak terjadi pada anak-anak mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Grooming online, kampanye, orang tua. vii Perancangan Kampanye Sosial..., Tasya Jovanka Tjuatja, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:38
Last Modified: 17 Oct 2023 00:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20324

Actions (login required)

View Item View Item