Tania, Ita Cindy (2022) Pengaruh Tingkat Literasi Digital dan Keterampilan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Verifikasi Informasi pada Generasi Milenial di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Jumlah kasus penyebaran informasi hoaks di Indonesia meningkat cukup signifikan pada tahun 2020, yakni mencapai 2.024 kasus dari 1.221 kasus pada tahun 2019. Berbagai riset dan survei menemukan adanya korelasi antara penanggulangan hoaks dengan literasi digital di kalangan masyarakat. Selain itu, Center of Indonesian Policy Studies (CIPS) juga mengungkapkan bahwa salah satu faktor rendahnya tingkat literasi digital di masyarakat Indonesia adalah rendahnya kesadaran dalam menekankan keterampilan berpikir kritis sejak dini. Penelitian ini mencoba untuk menelusuri pengaruh tingkat literasi digital dan keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan verifikasi informasi pada generasi milenial di Jabodetabek. Penelitian berjenis kuantitatif-eksplanatif ini menggunakan tiga teori dan konsep utama, yaitu literasi digital, keterampilan berpikir kritis, dan verifikasi informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei (kuesioner) secara daring kepada 400 orang milenial (21-39 tahun) di Jabodetabek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat literasi digital memberikan pengaruh sebesar 27,4% dan variabel keterampilan berpikir kritis sebesar 49,2% terhadap kemampuan verifikasi informasi generasi milenial di Jabodetabek.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Hoaks, Keterampilan Berpikir Kritis, Literasi Digital, Verifikasi Informasi. vi Pengaruh Tingkat Literasi..., Ita Cindy Tania, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.5 Digital Audio |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:04 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 00:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20363 |
Actions (login required)
View Item |