Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Efektivitas Pemasaran UMKM Viona Mask

Jesslyn, Cherie (2022) Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Efektivitas Pemasaran UMKM Viona Mask. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (839kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (698kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (265kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Viona Mask merupakan UMKM di Magelang yang menjual masker kain melalui Instagram. Keunggulan dari Viona Mask yaitu memiliki ukuran dan motif varian yang beragam, aman (empat lapis), nyaman (berbentuk 3D), serta harganya terjangkau. Namun berdasarkan wawancara dengan mitra dan data lain, masalah utama yang sedang dihadapi oleh Viona Mask adalah pemasaran digital yang belum efektif. Solusinya, penulis mengajarkan tentang : (1) SWOT dan competitor analysis; (2) Persona untuk menentukan target audience; serta (3) bagaimana mengoptimasi Instagram. Dalam mengimplementasikan program ini, tahapannya yaitu : (1) Persiapan, di mana mitra berkonsultasi dengan tim penulis, pembuatan strategi pemasaran digital dalam bentuk video pembelajaran pemasaran digital; (2) Pelaksanaan, di mana tim penulis mengadakan pertemuan daring dengan mitra untuk berdiskusi langsung tentang cara melaksanakan materi yang sudah dipaparkan dengan jangka waktu pelaksanaan program selama 3 bulan. Berdasarkan faktor rasio aspek, peningkatan angka followers, dan penambahan calon konsumen baru yang telah mencapai hingga melampaui target, penulis menyimpulkan bahwa program yang telah dijalankan telah sukses dengan hasil yang efektif. Dengan potensi pengimplementasian ilmu strategi pemasaran digital oleh UMKM, peningkatan perekonomian digital, dan pemanfaatan media audio visual berupa video, program ini memberikan peluang untuk memajukan perekonomian Indonesia di kancah internasional.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: digital marketing, Instagram, UMKM viii IMPLEMENTATION OF DIGITAL MARKETING TO INCREASE MARKETING EFFECTIVENESS OF MSME VIONA MASK, Cherie Jesslyn, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2022 09:05
Last Modified: 23 Jun 2023 02:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20368

Actions (login required)

View Item View Item