Marisa S, Nathania (2022) Perbedaan Pesan Berita Teks dengan Berita Video pada Kompas.com terhadap Pengetahuan Generasi Milenial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Berita hadir dalam berbagai bentuk, seperti teks, video, audio, atau infografis. Bentuk media yang berbeda-beda diciptakan untuk audiens dengan kepentingan yang berbeda-beda pula. Beberapa penelitian terdahulu menyebutkan bahwa konten yang disajikan secara visual mampu menarik lebih banyak perhatian audiens, dibandingkan dengan konten teks. Namun, masih minim ditemukan penelitian yang menyatakan bahwa bentuk berita yang berbeda dapat berpengaruh pengetahuan para audiensnya. Dengan berlandaskan konsep Taksonomi Bloom pada tingkat pengetahuan, penelitian ini ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan dampak antara pesan berita teks dengan pesan berita video terhadap pengetahuan generasi milenial DKI Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan pengetahuan antara pre-test dengan post-test, yaitu saat responden diberikan treatment atau perlakuan. Treatment yang diberikan pada responden adalah berita, baik dalam bentuk teks ataupun video, tetapi kedua bentuk berita tersebut mengandung informasi yang sama. Penelitian ini mendapatkan 62 responden untuk pre-test dan pengeliti mengambil 60 responden yang memenuhi kriteria untuk melanjutkan ke tahap post-test. Hanya responden yang mendapatkan skor pre-test 5 yang akan melanjutkan ke tahap post-test. Ke-60 responden tersebut kemudian dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 30 responden di kelompok berita teks dan 30 responden lainnya di kelompok berita video. Dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dengan post-test. Lalu, dengan menggunakan uji Mann-Whitney, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,010 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok berita teks dengan kelompok berita video. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa bentuk berita yang berita yang berbeda dapat memengaruhi pengetahuan generasi milenial DKI Jakarta.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | perbedaan pesan berita, berita teks, berita video, pengetahuan, generasi milenial DKI Jakarta xiv Perbedaan Pesan Berita..., Nathania Marisa Saragih, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing > 070.172 Newspapers |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 06:07 |
Last Modified: | 17 Jun 2023 06:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20426 |
Actions (login required)
View Item |