Pengaruh Tingkat Konsumsi Berita COVID-19 di Media Daring terhadap News Fatigue pada Generasi Z

Nur Shabira, Rafifa (2022) Pengaruh Tingkat Konsumsi Berita COVID-19 di Media Daring terhadap News Fatigue pada Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Pemberitaan mengenai COVID-19 sudah banyak yang beredar sejak awal kehadiran COVID-19 di Indonesia. Setiap hari, media massa memberitakan perkembangan COVID-19, termasuk juga media daring. Pemberitaan yang beredar tersebut memberitakan dari kenaikan kasus positif per harinya hingga kasus kematian akibat COVID-19. Namun, karena banyaknya berita yang beredar malah membuat masyarakat menjadi sulit membedakan informasi yang dapat dipercaya. Kemudian, menurut penelitian Natasya dan Setianto, banyaknya informasi yang terdapat di media dengan topik yang sama dan cenderung berulang dapat membuat seseorang merasa news fatigue dan mengarah pada news avoidance (penghindaran berita). News fatigue adalah kondisi saat seseorang merasa lelah akibat menerima berita atau informasi yang sangat berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara tingkat konsumsi berita COVID-19 di media daring terhadap news fatigue pada generasi Z. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori efek media. Peneliti mengukur konsumsi berita dengan dua indikator oleh , yaitu durasi dan frekuensi. Kemudian, untuk mengukur news fatigue, peneliti menggunakan indikator news fatigue oleh Buneviciene et al, yaitu depresi, kecemasan, stress pascatrauma, dan ketakutan akan COVID-19. Sampel yang digunakan adalah 400 responden yang merupakan generasi Z di DKI Jakarta. Uji Korelasi membuktikan bahwa terdapat hubungan yang rendah (dengan nilai 0,396) antara tingkat konsumsi berita COVID-19 di media daring dengan news fatigue pada generasi Z. Kemudian, hasil analisis regresi memperlihatkan adanya pengaruh tingkat konsumsi berita COVID-19 di media daring terhadap news fatigue sebesar 15,7%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: konsumsi berita daring, media daring, news fatigue, generasi Z
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 178 Ethics of consumption
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:41
Last Modified: 19 Jun 2023 01:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20440

Actions (login required)

View Item View Item