Bimo Anindya, Adelbertus (2021) Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Social Media Marketing terhadap Repurchase Intention melalui Brand Trust sebagai Variabel Mediasi di Brand Fashion Billionaires Project. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan Social Media Marketing yang begitu pesat membuat pelaku bisnis di industri fesyen harus bersikap adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Social Media Marketing terhadap Repurchase Intention melalui brand trust sebagai variabel mediasi pada brand fesyen Billionaires Project. Industri fesyen menjadi salah satu industri yang bergerak begitu cepat mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Peran Social Media dalam hal pemasaran menjadi kesuksesan dari sebuah brand. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang menganalisis 105 responden yang dikumpulkan menggunakan kuesioner online. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik Structural Equation Model (SEM) dengan SMART-PLS. Content Creation (CC), Interaction (I), dan E-WoM (EW) merupakan faktor-faktor yang mewakili social media marketing Efek mediasi Brand Trust (BT) pada faktor- faktor terkait juga dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya Content Creation yang memiliki hubungan signifikan dalam penentuan Repurchase Intention dan 66% dipengaruhi oleh CC, I, EW, dan BT. Brand Trust mempunyai peranan full mediation terhadap hubungan antara E-WoM dengan Repurchase Intention. Secara garis besar, peranan Social Media Marketing tidak dapat diandalkan untuk meningkatkan loyalty, dalam hal ini mengacu pada teori Digital Marketing Funnel dimana pada tahap loyalty diharapkan dapat terjadi repurchase intention. Implikasi teoritis dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi brand Billionaires Project. Repurchase intention dipengaruhi oleh brand trust sehingga disarankan perusahaan agar meningkatkan brand trust. Rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut, dapat mengubah variabel yang sesuai sehingga terlihat pengaruhnya terhadap repurchase intention.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Social Media Marketing, content creation, interaction, e-wom, brand trust, repurchase intention, mediasi, fesyen viii Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Social Media Marketing Terhadap Repurchase Intention Melalui Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi di Brand Fashion Billionaires Project, Adelbertus Bimo Anindya, Universitas Multimedia Nusantara |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 09:10 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 09:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20458 |
Actions (login required)
View Item |