Implementasi Omni-Channel Supply Chain dengan Mengintegrasikan Manajemen Inventori untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan pada PT XYZ

Ari Wibowo, Agus (2021) Implementasi Omni-Channel Supply Chain dengan Mengintegrasikan Manajemen Inventori untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan pada PT XYZ. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (691kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (991kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (236kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Omni-channel atau penggunaan beberapa saluran untuk distribusi penjualan merupakan strategi terbaru dalam perusahaan retail. Dengan semakin berkembangnya internet selama beberapa tahun terakhir, strategi ini semakin populer dan banyak yang ingin menggunakannya. Sejalan dengan itu, penjualan dan distribusi barang melalui internet yang biasa disebut e-commerce telah berkembang pesat. Di Indonesia sendiri berdasarkan data Google Temasek (2021), e-commerce menunjukkan tingkat pertumbuhan rata-rata 52% pada tahun 2021 dengan omset tahunan mencapai $53 miliar. Peningkatan pertumbuhan ini menghadapkan perusahaan retail pada masalah baru yaitu rata-rata perusahaan retail tidak memiliki matrix atau pengukuran terhadap perilaku pelanggan, saluran penjualan yang tidak terintegrasi dan manajemen inventori tidak memiliki data yang valid. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan tantangan dalam mengelola manajemen rantai pasokan terkait dengan saluran penjualan omni-channel pada PT XYZ. Penelitian ini menggunakan DMM dari Magento dengan lima dimensi yaitu Strategy, Process, System, Data dan People. Untuk mengukur kondisi saat ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas di mana didapatkan hasil valid dan reliabel dengan hasil pengukuran DMM pada level Mid-Stage Omni-channel. Untuk mengetahui gap dengan kondisi akan datang dilakukan wawancara dengan top-management dan didapatkan hasil yang diharapkan adalah ada kenaikan pada level 4 atau level omni-channel. Untuk mengukur kelayakan proyek dalam penelitian ini dilakukan feasibility study dengan menggunakan NPV, IRR, PP dan ROI di mana didapatkan hasil NPV Positif dengan IRR sebesar 77% dan waktu Payback Period selama 1,5 Tahun dengan ROI positif sampai 92% dengan kesimpulan bahwa proyek ini layak dijalankan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: omni-channel, rantai pasokan, integrasi viii Implementasi Omni-channel Supply..., Agus Ari Wibowo, Universitas Multimedia Nusantara
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:32
Last Modified: 04 Oct 2022 02:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20461

Actions (login required)

View Item View Item