Implementasi Knowledge Management sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Knowledge Creation dan Knowledge Sharing di Pusdiklat Keuangan Umum

Ismawandi, Wawan (2021) Implementasi Knowledge Management sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Knowledge Creation dan Knowledge Sharing di Pusdiklat Keuangan Umum. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (459kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (359kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (169kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (627kB)

Abstract

Satu hal yang menjadi bagian penting dari implementasi Knowledge Management adalah Knowledge itu sendiri atau pengetahuan. Para pegawai dalam suatu organisasi saat ini dituntut untuk mampu mendokumentasikan pengetahuannya agar bisa berbagi pengetahuan kepada pegawai lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan dan strategi yang tepat bagi tranformasi digital KMS pada organisasi. Platform Rumah BelajarKU adalah platform Knowledge Management sebagai wadah penyimpanan dan metode distribusi dokumen pengetahuan kepada seluruh pegawai Pusdiklat Keuangan Umum . Namun demikian, saat ini platform tersebut belum dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar bagi pegawai. Digital Transformation Project ini akan melihat dari beberapa dimensi pengembangan pada transformasi digital. Dimensi tersebut akan diukur melalui digital maturity model yang dikembangkan oleh TM Forum. Pengukuran akan dilakukan secara kuantitatif dan wawancara terstruktur untuk membandingkan current state dan future state yang diinginkan pimpinan organisasi. Celah perbedaan yang muncul dari perbandingan tersebut akan menjadi prioritas pengembangan transformasi digital. Hasil dari pengukuran, terdapat beberapa dimensi dan kriteria yang menjadi prioritas pengembangan bagi platform Rumah BelajarKU, dimana bukan hanya dari sisi teknologi saja, namun terdapat dimensi customer dan strategy yang menjadi prioritas pengembangan saat ini. Strategi organisasi seperti penetapan Indikator Kinerja Utama dan peran pimpinan diperlukan untuk mendorong terciptanya dokumen pengetahuan dari para pegawai untuk didistribusikan melalui platform Rumah BelajarKU. Digital Transformation Project ini akan menjadi suatu langkah awal untuk memenuhi kebutuhan organisasi Kementerian Keuangan agar terus memberdayakan pembelajaran dan memfasilitasi pegawainya untuk selalu belajar. Hal ini akan mengakselerasi implementasi dari Learning Organization di Kementerian Keuangan

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Digital Maturity Model, Dimensi, Dokumen Pengetahuan, Knowledge Management, Learning Organization viii Implementasi Knowledge Management sebagai upaya meningkatkan budaya Knowledge Creation dan Knowledge Sharing di Pusdiklat Keuangan Umum, Wawan Ismawandi, Universitas Multimedia Nusantara
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:55
Last Modified: 07 Oct 2022 08:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20463

Actions (login required)

View Item View Item