Suryadi, Hendy (2021) Strategi Rebranding Ixobox Bertahan dalam Situasi Covid-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pandemi COVID-19 atau dikenal dengan wabah coronavirus kian memunculkan kerugian besar di Indonesia, termasuk pada bisnis Ixobox, sebuah perusahaan penyedia jasa gunting rambut. Untuk dapat bertahan menghadapi situasi Pandemi COVID-19, Ixobox melakukan strategi rebranding dengan merubah tagline yang semula "Modern Haircut for Men, Women and Kids" menjadi "Modern & Hygienic Haircut for Men, Women & Kids". Perubahan ini diikuti pula dengan pengaplikasian prosedur kesehatan ketat, penggunaan peralatan kesehatan (APD, faceshield, dan sarung tangan), penambahan layanan Home Haircut, dan edukasi berkala melalui Ixobox Academy. Ixobox pun kerap melakukan kampanye dan komunikasi menggunakan media online (sosial media) maupun offline (baliho dan banner) untuk mempromosikan nilai barunya kepada pelanggan lama dan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi rebranding yang dilakukan oleh Ixobox pada situasi pandemi COVID-19. Penelitan ini bersifat kualitatif dengan menggunakan beberapa teori seperti Rebranding, Promotional Mix, dan Media Komunikasi sebagai landasan dan acuan. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan studi kepustakaan terhadap beberapa pihak internal Ixobox. Pada hasil penelitian, diketahui bahwa strategi rebranding dan komunikasi yang dilakukan Ixobox memberikan hasil positif pada tingkat penjualan dan kepuasan konsumen, yang pada akhirnya berhasil membuat Ixobox dapat tetap bertahan pada masa pandemi dibanding para kompetitornya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Rebranding, Komunikasi, Media Promosi, Pandemi COVID-19 vii Strategi Rebranding Ixobox Bertahan Dalam Menghadapi Situasi COVID-19, Hendy Suryadi, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 04:10 |
Last Modified: | 11 May 2023 02:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20479 |
Actions (login required)
View Item |