Kebijakan Redaksi Metro TV dalam Memproduksi Tayangan Breaking News (Studi Kasus Pemberitaan Covid-19)

Amelia Wiharti, Rahma (2022) Kebijakan Redaksi Metro TV dalam Memproduksi Tayangan Breaking News (Studi Kasus Pemberitaan Covid-19). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (619kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (577kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Pemberitaan Covid-19 muncul diberbagai media nasional maupun internasional karena pemberitaan tersebut memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Penyebaran informasi tentang wabah Covid-19, baik dari satu tempat ke tempat lain maupun dari satu individu ke individu lainnya, sangat bergantung pada media massa. Dengan kemajuan teknologi media massa, informasi tentang penciptaan Covid-19 menjadi lebih mudah diakses. Tampaknya media berlomba-lomba menjadi yang pertama menyiarkan informasi terkait Covid-19. Di tengah pandemi Covid- 19, televisi memiliki peran penting. Dalam penelitian ini, penulis memilih media televisi yaitu Metro TV karena Metro TV merupakan televisi berita pertama di Indonesia. Metro TV secara khusus membuat program-program acara yang berkaitan dengan berita, salah satunya program Breaking News. Penulis tertarik untuk mengetahui kebijakan redaksi Metro TV dalam memproduksi tayangan Breaking News dan memberitakan Covid-19. Penulis memilih Metro TV karena salah satu TV berita yang aktual dan cepat mengemas berita terbaru. Peneliti menggunakan teori agenda setting, metode studi kasus, dan kualitatif. Dengan simpulan, proses atau alur redaksi Metro TV dalam program breaking news tentang kasus Covid-19 fokus pada mengejar kecepatan, kelengkapan, dan kedalaman. Mempunyai nilai berita yang dijadikan pertimbangan yaitu magnitude (kebesaran) dan proximity (kedekatan) kepada penonton.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: covid-19, breaking news, redaksi vii Kebijakan Redaksi Metro TV dalam Memproduksi Tayangan Breaking News (Studi Kasus Pemberitaan Covid-19), Rahma Amelia Wiharti, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Dec 2022 05:50
Last Modified: 14 Apr 2023 05:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20486

Actions (login required)

View Item View Item