Alur Kerja Video Journalist dalam Divisi Multimedia di Kompas.com

Putra, David Satya (2022) Alur Kerja Video Journalist dalam Divisi Multimedia di Kompas.com. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (430kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Seiring berkembangnya pengguna internet di Indonesia, informasi pun secara tidak langsung ikut menyebar dengan sangat cepat. Perkembangan teknologi dan informasi juga membuat setiap orang dengan mudah mengonsumsi suatu berita untuk memenuhi kebutuhan informasi sehari-hari. Riset dari Hootsuite dan We Are Socials menunjukkan bahwa terdapat 202,6 juta pengguna internet di Indonesia per Januari 2021. Angka ini meningkat sebanyak 27 juta (15,5 persen) dibanding tahun sebelumnya. Di era saat ini, banyak media online yang memanfaatkan media sosial dalam penyebaran beritanya. Dengan adanya media sosial, konten pemberitaan pun dapat dinikmati oleh khalayak secara fleksibel, dimanapun, dan kapanpun. Kompas.com merupakan salah satu media online di Indonesia yang memanfaatkan penggunaan media sosial dalam pemberitaannya. Dengan tagline "Jernih Melihat Dunia" yang dimiliki Kompas.com membuat penulis tertarik untuk memilih dan akhirnya diterima di Kompas.com sebagai Video Journalist dalam divisi multimedia. Pelaksanaan praktik kerja magang yang dilakukan penulis berlangsung selama 66 hari (12 Agustus ­ 2 November 2021). Selama melaksanakan praktik kerja magang, penulis memproduksi karya berupa video berita. Hal itu tentu melewati tahap praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi. Banyak pelajaran yang penulis dapat selama melaksanakan magang di Kompas.com, seperti alur kerja seorang Video Journalist. Di mana penulis mempelajari dan ikut serta dalam memproduksi video berita mulai dari memilih isu, menyusun naskah, mengumpulkan materi, penyuntingan, hingga mengunggah ke kanal YouTube Kompascom Reporter on Location (KROL) dan Kompas.com.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: video journalist, Kompas.com, media online, alur kerja, multimedia, media sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:38
Last Modified: 19 Jun 2023 05:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20736

Actions (login required)

View Item View Item