Alur Kerja Video Jurnalis di Tempo.co

Anabel, Luna (2022) Alur Kerja Video Jurnalis di Tempo.co. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (411kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Hadirnya era disrupsi teknologi telah memberikan tantangan kepada media tradisional dengan munculnya new media (internet). Mayoritas penduduk Indonesia telah memakai internet untuk mengaskes media sosial sebagai platfrom untuk mencari informasi. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil Laporan Survei Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019-2020 meningkat sekitar 25,54 juta dari tahun 2018. Maka, media cetak memerlukan strategi untuk dapat bertahan akibat era disrupsi teknologi. Cara pertama adalah mempertahankan wartawan yang mempunyai jiwa profesionalisme dan berpegang kepada etika jurnalisme yang menyaikan informasi secara faktual dan kredibilitas. Cara kedua adalah menyatukan konten koran ke dalam media online. Strategi tersebut digunakan oleh Tempo.co yang lahir kembali pada 2008 dengan menyajikan informasi yang berkualitas dan mempraktikkan standar tinggi jurnalisme. Selain itu, Tempo.co melakukan upaya untuk mengembangkan produk digital dan memperluas bisnis digital dengan menangani engagement, media sosial, search engine optimization (SEO), video journalist, dan infografis. Selama menjalani kerja magang, penulis berkesempatan menjadi video journalist di departemen multimedia Tempo.co tim weekly yang memiliki peran untuk memproduksi konten yang diperlukan oleh Tempo.co, Majalah Tempo, dan Koran Tempo. Hal tersebut membuat penulis merangkap menjadi produser, reporter, kameramen, dan editor. Dalam menyajikan sebuah konten sebagai video journalist, penulis mempelajari tahapan praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Peran video journalist sangat membantu penulis dalam mengasah banyak kemampuan soft skill dan hard skill.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: media online, multimedia, video journalist
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing > 070.18 Documentary Films, Educational Films
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:06
Last Modified: 29 May 2023 07:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20812

Actions (login required)

View Item View Item