Bo, Maria Cherie (2021) Aktivitas Marketing Communication Conceptor di PT Kompas Media Nusantara. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (220kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (515kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (139kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Era disruptif teknologi memberi tantangan bagi perusahaan untuk beradaptasi dengan teknologi, termasuk internet, agar dapat mempertahankan eksistensi. Hal ini memengaruhi berbagai industri konvensional, termasuk media cetak. Selain itu, pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pendapatan perusahaan yang bergerak di industri media massa, termasuk media cetak. Meskipun situasi sulit dihadapi oleh industri media cetak, hal ini dapat dijadikan peluang untuk berinovasi. Harian Kompas merupakan perusahaan media cetak yang berhasil beradaptasi pada era disruptif teknologi dan pandemi Covid-19 dengan mengembangkan situs dan aplikasi Kompas.id. Dengan semboyan "Amanat Hati Nurani Rakyat", Kompas dikenal sebagai sumber informasi tepercaya, akurat, dan mendalam. Dalam menyikapi era disruptif teknologi dan pandemi Covid-19, komunikasi pemasaran yang baik penting untuk mempertahankan eksistensi di tengah persaingan dengan media cetak dan portal berita lainnya. Penulis berkesempatan melakukan kerja magang di Harian Kompas sebagai Marketing Communication Conceptor yang merencanakan konsep aktivitas komunikasi pemasaran. Uraian pekerjaan yang ditulis pada laporan ini didasari oleh konsep perencanaan komunikasi pemasaran SOSTAC dan 3Ms. Sebagai Marketing Communication Conceptor, penulis bertanggungjawab melakukan riset, membuat konsep, timeline, rundown, TOR (Terms of Reference), deck, report acara, bukti tayang dan report sponsorship, serta membuat konsep iklan. Melalui kerja magang ini, penulis berhasil menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama masa kuliah, mengembangkan soft skills, dan mengimplementasikannya dalam bentuk aktivitas komunikasi pemasaran perusahaan. Selain itu, penulis berhasil menemukan solusi atas kendala yang berkaitan dengan teknis, manajerial, dan pengetahuan penulis selama melakukan kerja magang.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | Harian Kompas, Komunikasi Pemasaran, Marketing Communication Conceptor, Media Massa vii Aktivitas Marketing Communication..., Maria Cherie Bo, UMN |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 06:14 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 07:39 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20899 |
Actions (login required)
View Item |