Proses Kerja Jurnalistik sebagai Social Media Intern di Alinea.id

Giugno Ariani, Georgia (2022) Proses Kerja Jurnalistik sebagai Social Media Intern di Alinea.id. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (34MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penetrasi internet dan penggunaan media sosial di Indonesia semakin meluas. Masyarakat mulai sering menggunakan media sosial untuk mencari informasi terbaru. Media sosial juga bersifat praktis karena dapat diakses melalui gawai yang dimiliki. Hal ini yang membuat banyak media bertransformasi menjadi digital untuk menyesuaikan kebutuhan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Pemberitaan di media sosial biasanya berbentuk multimedia tidak hanya satu bentuk saja dan menyesuaikan dengan platform yang dituju. Dalam jurnalisme media sosial, adaptasi konten menjadi sangat penting agar satu konten dapat diunggah silang atau cross posting ke berbagai macam media sosial. Jurnalis media sosial membutuhkan pola pikir digital mindset atau mendahulukan mobile dan media sosial dalam pemberitaan. Alinea.id merupakan salah satu media daring yang mengimplementasikan konsep jurnalisme media sosial dalam kegiatan pemberitaannya. Alinea.id aktif melakukan jurnalisme media sosial di berbagai macam platform seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Youtube. Konten-Konten yang ada di media sosial Alinea.id terintegrasi karena dilakukan proses cross posting. Penulis melakukan kerja magang di divisi media sosial Alinea.id pada periode 20 Agustus 2021 - 20 November 2021. Pekerjaan yang penulis lakukan selama praktik kerja magang adalah membuat konten jurnalistik multimedia ke berbagai media sosial seperti TikTok, Twitter, dan Instagram. Penulis belajar untuk membuat konten jurnalistik multimedia sesuai dengan platform karakteristik tiap media sosial. Penulis juga belajar bahwa untuk menjadi jurnalis media sosial dibutuhkan keahlian untuk menyunting video, desain grafis dasar, pengetahuan mengenai fitur yang ada di tiap media sosial, dan lainnya. Selain itu, penulis juga belajar cara memaksimalkan fitur yang ada di tiap media sosial seperti tagar dan insights untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: jurnalisme media sosial, konten, cross posting, Alinea.id
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 16 Jun 2023 05:53
Last Modified: 16 Jun 2023 05:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21144

Actions (login required)

View Item View Item