Automatisasi Proses Robotik dalam Memasukan Data Pasien Test Antigen dan PCR di Kementrian Kesehatan RI

Titania, Titania (2022) Automatisasi Proses Robotik dalam Memasukan Data Pasien Test Antigen dan PCR di Kementrian Kesehatan RI. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan kasus covid-19 di Indonesia yang cukup pesat sangat berdampak pada pengkasesan informasi secara real time, semakin banyak data yang diolah, akan semakin lama waktu yang ui butuhkan untuk memasukkan data kedalam basis data, untuk itu kementrian Kesehatan menggunakan jasa RPA (Automasi Proses Robotik) guna memberikan data yang lebih akurat kepada masyarakat secara real time. Flow robot yang dibangun akan sama persis dengan apa yang dilakukan oleh manusia. Pertama robot akan membuka penjelajah web yang sudah ditentukan, membuka halaman situs kemenkes dan melakukan login, setelah login robot akan mendeteksi elemen beranda, jika elemen beranda terdeteksi maka robot akan menjalankan perintah selanjutnya yaitu kehalaman memasukkan nomor identitas, jika elemen beranda tidak ditemukan maka halaman akan dialihkan ke halaman beranda. Jika robot berhasil ke halaman memasukkan nomor identitas maka selanjutnya robot akan menentukan apakah identitas dari data yang tersedia merupakan NIK yang sah, jika NIK sah robot akan melanjutkan proses ke halaman memasukkan data kedalam basis data. Robot akan memindahkan informasi sesuai dengan data yang ada di excel kedalam basis data melalui situs yang disediakan, setelah data dikirimkan, robot akan kembali ke beranda dan mengulang proses yang sama sampai robot mencapai data terakhir di excel. Hasil dari kerja magang ini adalah sebuah workflow robot yang dibuat khusus sesuai dengan keperluan kemenkes, robot dapat dijalankan dilebih dari satu komputer sehingga penyelesaian pekerjaan lebih cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Excel, Robotic Process Automation, UiPath, Website
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering (Aerospace, Aviation, Astronautics, Robotics)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:37
Last Modified: 28 Jun 2022 06:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21326

Actions (login required)

View Item View Item