Analisis Pengaruh Visibility, Metavoicing, Guidance Shopping, Immersion, Social Presence, dan Telepresence terhadap Purchase Intention pada TikTok Live Streaming Shopping Berrybenka

Suandra, Tria Swandevi (2022) Analisis Pengaruh Visibility, Metavoicing, Guidance Shopping, Immersion, Social Presence, dan Telepresence terhadap Purchase Intention pada TikTok Live Streaming Shopping Berrybenka. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan internet dan dunia fashion bergerak dengan cepat, dan tren platform dalam berbelanja online juga semakin banyak seperti tren berbelanja di e- commerce hingga tren berbelanja melalui social commerce. Salah satu platform social commerce yang banyak digunakan yaitu Instagram, Facebook, dan Tiktok. Tiktok memungkinkan penjual untuk melakukan fitur live streaming yang bertujuan untuk memasarkan produk-produknya. Berrybenka merupakan salah satu brand yang menggunakan fitur live streaming shopping di Tiktok untuk beradaptasi mengikuti tren yang ada seperti para pelaku bisnis lainnya. Berrybenka juga ikut memasarkan produknya dengan melalui Tiktok Live, namun produk yang terjual di Berrybenka TikTok Shop tidak sebanyak dengan penjualan Berrybenka di platform lainnya. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi dan mendorong purchase intention berdasarkan variabel visibility, metavoicing, guidance shopping, immersion, social presence, dan telepresence. Penelitian ini menggunakan descriptive research dan menggunakan teknik non- probability sampling, dan membutuhkan beberapa kriteria untuk menjadi responden. Penelitian ini memperoleh data dengan menyebarkan kuesioner melalui google form dan kemudian mendapatkan 140 responden, kemudian data yang telah didapat kemudian diolah dengan aplikasi SPSS dan LISREL. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara visibility terhadap immersion, metavoicing terhadap immersion, metavoicing terhadap social presence, metavoicing terhadap telepresence, guidance shopping terhadap immersion, guidance shopping terhadap social presence, guidance shopping terhadap telepresence, dan telepresence terhadap purchase intention. Sedangkan visibility tidak memiliki pengaruh terhadap social presence dan telepresence, immersion dan social presence juga tidak memiliki pengaruh terhadap purchase intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Social Commerce, Live Streaming Shopping, Purchase Intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:09
Last Modified: 01 Jul 2023 04:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item