Perancangan Buku Interaktif untuk Terapi Anak Speech Delay

Juwita, Prasna (2022) Perancangan Buku Interaktif untuk Terapi Anak Speech Delay. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Menurut Santrock (2007), kemampuan bicara dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Apabila kedua faktor tersebut tidak mendukung perkembangan bicara pada anak, maka perkembangan bicaranya akan menjadi terlambat atau yang disebut dengan speech delay. Apabila speech delay tidak segera ditangani, maka dampaknya akan terus berlanjut sampai anak berusia dewasa. Oleh karena itu, penulis akan melakukan perancangan buku interaktif untuk terapi anak speech delay. Dalam merancang buku interaktif, penulis menggunakan beberapa teori untuk dijadikan sebagai acuan. Teori tersebut terdiri dari teori desain (Landa, 2013) sebagai acuan untuk mendesain buku interaktif, teori perkembangan bicara anak (Einon, 2006) sebagai acuan rancangan buku interaktif untuk memperkirakan kebutuhan anak dalam stimulasi bicara, dan teori the play pyramid (Kudrowitz, 2010) sebagai acuan untuk membuat fitur interaktif pada buku. Untuk melakukan proses perancangan, penulis menggunakan metode design thinking yang terdiri dari emphatize, define the problem, ideation, implementation, dan user test. Penulis juga melakukan penelitian secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif, penulis melakukan wawancara terhadap ibu Liana Imannuel (guru speech delay dan orangtua dari anak yang mengalami autism) dan Ibu Mikaela (psikolog anak). Penelitian kuantitatif, penulis melakukan survei dengan kuesioner sebanyak 100 responden. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa perancangan buku interaktif ini yang mengutamakan visual dan cerita, diharapkan bisa dimainkan oleh orangtua dengan anak. Fitur dari buku interaktif bukan hanya diharapkan membantu anak berbicara, tapi juga membantu meningkatkan motorik halus pada anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: perancangan, buku interaktif, speech delay, & stimulasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:11
Last Modified: 27 Sep 2023 01:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21578

Actions (login required)

View Item View Item