Peran Perusahaan Media dalam Menjamin Keselamatan Jurnalis Meliput di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Kasus Kompas.id

Wijaya, Samuel Gunawan Angga (2022) Peran Perusahaan Media dalam Menjamin Keselamatan Jurnalis Meliput di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Kasus Kompas.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PERAN PERUSAHAAN MEDIA DALAM MENJAMIN KESELAMATAN JURNALIS MELAKUKAN TUGAS PROFESIONALNYA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS KOMPAS Id. Oleh: Samuel Gunawan Dunia kini sedang berperang dengan sebuah virus yang berasal dari China dan mulai muncul terhitung sejak 2019. Hingga selang dua tahun berlalu, Indonesia masih berusaha untuk mampu bebas dari virus ini. Segala macam cara telah diusahakan oleh pemerintah Indonesia untuk menekan laju persebaran virus ini. Dimulai dari himbauan untuk melakukan segala pekerjaan dari rumah, pengesahan protokol kesehatan, pembatasan aktivitas masyarakat, hingga mewajibkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin dengan dosis yang lengkap. Penelitian ini membahas bagaimana Kompas Id terkhusus redaksinya dalam memberikan jaminan keselamatan kepada jurnalisnya dalam melakukan peliputan pada era pandemi ini. Dimulai dengan mencari tahu kondisi Covid-19 pada dunia jurnalistik seperti apa, Menyusun pertanyaan untuk para narasumber Kompas Id, hingga membandingkan jawaban hasil wawancara narasumber satu dengan yang lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, metode wawancara dan studi dokumen serta menggunakan narasumber yang sesuai akan diterapkan pada penelitian ini. Kompas Id dipilih karena terbukti telah menjadi media yang memiliki kredibilitas. Hasilnya menunjukan bahwa Kompas Id telah mengupayakan untuk memberikan jaminan keselamatan untuk para jurnalisnya, serta jurnalis di Kompas Id pun berusaha untuk menekan risiko terpaparnya virus Covid-19.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Covid-19, Jurnalis, Redaksi Media
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:12
Last Modified: 21 Jun 2023 02:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21579

Actions (login required)

View Item View Item