Strategi Marketing Public Relation dalam Meningkatkan Audience Engagement (Studi Kasus Youtube dan Instagram Heartline FM)

Vherlian, Shelin (2022) Strategi Marketing Public Relation dalam Meningkatkan Audience Engagement (Studi Kasus Youtube dan Instagram Heartline FM). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran media baru mengubah cara berinteraksi antara audience dengan media massa, perubahan ini memberikan dampak baik berupa kemudahan bagi para konsumen media, namun menjadi tantangan untuk industri media yang sudah mapan, salah satunya radio. Bagi radio, meningkatkan audience engagement merupakan hal yang esensial guna bertahan dalam era digital. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma post positivistik, dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi, dan keabsahan data diuji menggunakan validitas konstruk, dan teknis analisis datamenggunakan penjodohan pola. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Heartline FM menggunakan strategi push, pull, dan pass dalam kegiatan marketing public relations. Kegiatan dilakukan Heartline dilakukan melalui kompetisi, event, dan juga word of mouth. Heartline memanfaatkan sebagian besar fitur yang tersedia di Youtube dan Instagram. Kegiatan Marketing Public Relations Heartline memang tidak dapat mencapai target Marketing Public Relations objectives-nya, yaitu angka engagement yang ditentukan pada awal pembuatan strategi. Namun, tolak ukur keberhasilan yang ditentukan memang kurang spesifik, sehingga tidak dapat digunakan sebagai indikator penilai efektivitas rangkaian kegiatan Marketing Public Relationss yang dipublikasikan melalui Youtube dan Instagram.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Marketing Public Relations, Audience Engagement, Youtube, Instagram
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:22
Last Modified: 13 May 2023 01:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21652

Actions (login required)

View Item View Item