Analisis Resepsi Remaja Katolik terhadap Video Pendidikan Seks di Youtube Satu Persen

Girsang, Anastasia Putri Pearlyn (2022) Analisis Resepsi Remaja Katolik terhadap Video Pendidikan Seks di Youtube Satu Persen. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)

Abstract

Pengetahuan tentang Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas (PKRS) sangat penting untuk diajarkan kepada remaja untuk membantu mereka dalam proses perkembangan fisik dan pengambilan keputusan yang baik dan bertanggung jawab. Namun, kenyataannya di Indonesia, masih banyak orang tua yang enggan mengajarkan pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas kepada anak mereka karena beranggapan bahwa hal tersebut tabu untuk dibicarakan. Hal ini menyebabkan banyak anak muda yang merasa belum teredukasi. Salah satu lembaga di Indonesia yang berupaya untuk mengajarkan kesehatan reproduksi dan seksualitas kepada anak muda adalah Satu Persen. Pada kanal Youtube-nya, Satu Persen mengeluarkan video "Sex Education, Penting atau Merusak? (Pentingnya Sex Education)" yang menyampaikan pesan mengenai pentingnya mempelajari kesehatan reproduksi dan seksualitas. Namun, setiap pesan dari media dapat dimaknai secara berbeda-beda oleh tiap individu. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk melihat posisi remaja Katolik terhadap video tersebut dengan menggunakan metode analisis resepsi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori resepsi khalayak Stuart Hall yang membagi posisi khalayak menjadi dominan, negosiasi, dan oposisi. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah setiap narasumber berada dalam posisi dominan, tetapi tidak secara mutlak karena dalam proses penerimaan pesannya, mereka juga berdinamika di posisi negosiasi dan oposisi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Remaja Katolik, resepsi khalayak, Satu Persen.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 176 Ethics of sex and reproduction
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:22
Last Modified: 26 Apr 2023 03:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21653

Actions (login required)

View Item View Item