Fanatisme Penggemar Idola Korean Pop BTS dalam Interaksi Parasosial melalui Media Sosial Weverse

Jessica Lieharja, Jessica Lieharja (2022) Fanatisme Penggemar Idola Korean Pop BTS dalam Interaksi Parasosial melalui Media Sosial Weverse. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Gelombang budaya Korea atau Korean wave yang berasal dari Korea Selatan dimulai dari drama hingga musik K-Pop semakin marak berkembang di dunia. Ketertarikan seseorang terhadap budaya Korea khususnya musik K-Pop kemudian berkembang menjadi rasa nyaman dan kecintaan mendalam sehingga mereka menyebut diri mereka sebagai penggemar. Kemudahan mengakses media sosial oleh penggemar untuk mendapatkan informasi dan berinteraksi dengan idola mendorong munculnya sebuah interaksi parasosial antara penggemar dan idola. Interaksi parasosial yang terjadi secara terus menerus di media sosial tersebut menjadi salah satu faktor pemicu munculnya fanatisme di kalangan penggemar karena penggemar merasa memiliki suatu ikatan khusus dengan idola mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk fanatisme penggemar terhadap BTS dalam interaksi parasosial yang terjadi di media sosial Weverse. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme, penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fanatisme penggemar terbentuk dari interaksi parasosial yang terjalin antara penggemar dan BTS di media sosial Weverse. Kebebasan member BTS untuk secara leluasa menyukai dan memberikan komentar pada unggahan penggemar di Weverse kemudian membuat penggemar merasa dekat dengan BTS secara emosional. Penggemar menjadi tidak bisa jauh dari BTS, merasa kehilangan ketika member BTS menghilang dari media sosial Weverse dan menyebabkan penggemar merasa sedih serta khawatir berlebihan sehingga menghambat aktivitas pribadi mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fanatisme, fenomenologi, interaksi parasosial, media sosial, penggemar K-Pop
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:25
Last Modified: 27 Apr 2023 02:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21666

Actions (login required)

View Item View Item