Perancangan Kampanye untuk Menghindari Investasi Bodong Ponzi Scheme

Clairine Bryna, Clairine Bryna (2022) Perancangan Kampanye untuk Menghindari Investasi Bodong Ponzi Scheme. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penawaran investasi bodong bertambah, seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap investasi. Salah satu yang sering terjadi adalah Skema Ponzi, yaitu penipuan investasi yang membayarkan investor lama dengan uang dari investor baru, tanpa adanya underlying asset investasi. Skema ini akan runtuh apabila tidak berhasil menarik investor baru. Faktor literasi, faktor kesadaran dan kognisi memainkan peranan yang penting agar seseorang tidak terperangkap dalam penipuan investasi ini. Sayangnya, minat investasi kaum muda tidak diimbangi dengan mindset investasi dan literasi yang memadai. Untuk itu, penulis merancang kampanye bagi usia 18-25 tahun, dengan tujuan membentuk mindset investasi yang aman dan tepat, sehingga penipuan investasi, terutama dengan Skema Ponzi, dapat dihindari. Pengumpulan data dilakukan menggunakan mix method, yang terdiri dari kuesioner, wawancara ahli dan awam, observasi, studi eksisting, dan studi referensi. Selanjutnya, perancangan kampanye dilakukan dengan menggunakan metode Landa dan model komunikasi AISAS.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Investasi bodong, kampanye, pola pikir, Skema Ponzi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:25
Last Modified: 01 Sep 2023 01:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21672

Actions (login required)

View Item View Item