Implementasi Smart Contract untuk Non Fungible Token pada Dao Social Media

Leonardi, Andrew (2022) Implementasi Smart Contract untuk Non Fungible Token pada Dao Social Media. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)

Abstract

Hak kekayaan intelektual (HAKI) merupakan suatu permasalahan yang masih sering kita temui dimana-mana. Salah satu contoh permasalahan HAKI yang masih dapat kita temui adalah permasalahan mengenai hak cipta. Salah satu alternatif yang mungkin dapat digunakan untuk menangani permasalahan hak cipta tersebut adalah dengan menggunakan NFT (Non-fungible Token). Penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah purwapura aplikasi yang dapat menguji apabila NFT dapat menjadi salah satu solusi dalam menangani permasalahan HAKI di media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan studi literatur, pengembangan aplikasi, dan ujicoba aplikasi. Berdasarkan dari ujicoba menggunakan test case, aplikasi yang dibuat berhasil menghasilkan sebuah NFT dengan baik. Dari segi waktu, NFT yang dihasilkan membutuhkan waktu produksi rata-rata sekitar 7 detik sejak approval transaksi, sedangkan dari sisi biaya, NFT dengan pesan sebanyak 20 karakter memerlukan biaya transaksi sebesar 0,0008 NEAR. Selain itu, dari hasil survey pengguna yang mencoba aplikasi, terdapat sebanyak 85,49% responden yang menunjukkan kepuasan terhadap NFT yang dihasilkan oleh aplikasi, sebanyak 3,23% responden yang menunjukkan ketidakpuasan, dan sebanyak 11,29% responden yang berpendapat netral, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengguna puas dengan NFT yang dihasilkan sebagai solusi permasalahan HAKI.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Aplikasi, Blockchain, Hak Kekayaan Intelektual, Media Sosial, Non- fungible Token
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:26
Last Modified: 23 Aug 2023 07:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21680

Actions (login required)

View Item View Item