Perancangan Kampanye Cara Mengatasi Insomnia Akibat Stres dan Kecemasan dengan Teknik Pernapasan 4-7-8

Anatasya, Gracia (2022) Perancangan Kampanye Cara Mengatasi Insomnia Akibat Stres dan Kecemasan dengan Teknik Pernapasan 4-7-8. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (29MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (845kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

Insomnia merupakan kesulitan untuk memulai, mempertahankan, dan adanya kualitas tidur yang buruk yang berlangsung secara terus menerus, dan mengakibatkan gangguan pada kehidupan sehari-hari. Gejala insomnia marak dialami masyarakat Indonesia, terutama di kota besar yang mengalami tingkat stres dan kecemasan yang tinggi. Sebagai solusi permasalahan ini, Dr. Andrew Weil mengembangkan teknik pernapasan 4-7-8 dari yoga kuno pranayama pada 2010 yang membantu penderita insomnia tidur dalam 1 menit dan meredakan kecemasan. Bentuk pengobatan alternatif ini pun sudah marak digunakan di Indonesia, yaitu oleh klinik holistic well-being Jeda Wellnest, dan psikolog klinis dewasa dalam mengobati pasiennya. Namun, dibanding solusi alternatif yang sehat tersebut, masyarakat lebih umum mengetahui dan menggunakan solusi yang instan dan tidak sehat jika dikonsumsi jangka panjang, yaitu obat tidur dan penenang. Pengumpulan data yang mendukung perancangan kampanye berkaitan topik ini meliputi metode pengumpulan data campuran, yaitu kuantitatif berupa kuesioner, dan kualitatif berupa wawancara ahli dan khalayak, focus group discussion, observasi daring, studi literatur, studi referensi, dan studi eksisting. Dari seluruh rangkaian pengumpulan data yang telah dilakukan, penulis memutuskan untuk merancang kampanye dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan mempersuasi masyarakat menggunakan metode yang lebih sehat mengatasi insomnia yang diakibatkan oleh stres dan kecemasan, teknik pernapasan 4-7-8. Metode perancangan yang digunakan dalam perancangan kampanye ini adalah metode perancangan kampanye iklan menurut Landa (2010). Hasil perancangan kampanye menghasilkan beberapa media kampanye yang ditentukan berdasarkan target audiens kalangan dewasa awal, yang berfokus kepada media digital dikarenakan keefektifan media digital yang lebih tinggi di zaman ini dan keterbatasan budget kampanye.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Insomnia, kampanye, kecemasan, stres, teknik pernapasan 4-7-8
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 300 Social sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:31
Last Modified: 21 Aug 2023 06:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21719

Actions (login required)

View Item View Item