Perbandingan Kemampuan Recall Informasi di Kalangan Kelompok Remaja Awal yang Mengonsumsi Berita Interaktif Naratif dengan Non-Interaktif

Anasthasya, Anasthasya (2022) Perbandingan Kemampuan Recall Informasi di Kalangan Kelompok Remaja Awal yang Mengonsumsi Berita Interaktif Naratif dengan Non-Interaktif. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, berbagai alternatif penyampaian informasi oleh media muncul beriringan dengan kemajuan teknologi. Salah satunya yakni kehadiran bentuk interaktif naratif pada media daring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk interaktif naratif dapat berdampak pada kemampuan recall audiensnya jika dibandingkan dengan bentuk non-interaktif. Hal ini karena adanya perbedaan hasil penelitian mengenai bentuk interaktif. Ada penelitian yang menemukan bahwa interaktivitas dapat berdampak pada kognitif seseorang, namun ada pula penelitian yang melihat bahwa bentuk interaktif tidak membantu meningkatkan kogntif. Penelitian ini kemudian menggunakan metode eksperimen untuk melihat perbandingkan kemampuan recall kelompok partisipan antara yang membaca bentuk interaktif naratif dan non-interaktif. Partisipan merupakan kelompok remaja awal yang berusia 10-14 tahun. Berdasarkan hasil eksperiman, ditemukan hasil uji Mann Whitney dengan nilai signifikansi sebesar 0,022 yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Selain itu, perbedaan ini juga terlihat dari hasil nilai uji effect size sebesar 0,41. Sehingga, kesimpulannya hasil penelitian yakni ada perbedaan kemampuan recall yang signifikan antara kedua kelompok dan masuk dalam kategori sedang. Namun melihat dari rata-rata skor kemampuan recall, kelompok non-interaktif lebih unggul dari kelompok interaktif naratif di semua indikator. Perbedaan hasil kemampuan ini pun dapat disebabkan oleh pilihan alur cerita pada strategi interaktif naratif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: interaktif naratif, kemampuan kognitif, kelompok remaja awal¸ non- interaktif, recall
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:31
Last Modified: 29 May 2023 07:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21721

Actions (login required)

View Item View Item