Anasthasya, Anasthasya (2022) Perbandingan Kemampuan Recall Informasi di Kalangan Kelompok Remaja Awal yang Mengonsumsi Berita Interaktif Naratif dengan Non-Interaktif. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (874kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (273kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (177kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Saat ini, berbagai alternatif penyampaian informasi oleh media muncul beriringan dengan kemajuan teknologi. Salah satunya yakni kehadiran bentuk interaktif naratif pada media daring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk interaktif naratif dapat berdampak pada kemampuan recall audiensnya jika dibandingkan dengan bentuk non-interaktif. Hal ini karena adanya perbedaan hasil penelitian mengenai bentuk interaktif. Ada penelitian yang menemukan bahwa interaktivitas dapat berdampak pada kognitif seseorang, namun ada pula penelitian yang melihat bahwa bentuk interaktif tidak membantu meningkatkan kogntif. Penelitian ini kemudian menggunakan metode eksperimen untuk melihat perbandingkan kemampuan recall kelompok partisipan antara yang membaca bentuk interaktif naratif dan non-interaktif. Partisipan merupakan kelompok remaja awal yang berusia 10-14 tahun. Berdasarkan hasil eksperiman, ditemukan hasil uji Mann Whitney dengan nilai signifikansi sebesar 0,022 yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Selain itu, perbedaan ini juga terlihat dari hasil nilai uji effect size sebesar 0,41. Sehingga, kesimpulannya hasil penelitian yakni ada perbedaan kemampuan recall yang signifikan antara kedua kelompok dan masuk dalam kategori sedang. Namun melihat dari rata-rata skor kemampuan recall, kelompok non-interaktif lebih unggul dari kelompok interaktif naratif di semua indikator. Perbedaan hasil kemampuan ini pun dapat disebabkan oleh pilihan alur cerita pada strategi interaktif naratif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | interaktif naratif, kemampuan kognitif, kelompok remaja awal¸ non- interaktif, recall |
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:31 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:33 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21721 |
Actions (login required)
View Item |