Leonardo, Satryadhamma Putrakusumah (2022) Dampak Pendidikan Ekonomi Keluarga dan Kelompok Teman Sebaya terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa melalui Mediasi dari Literasi Ekonomi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (874kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (944kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (299kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Menciptakan pengusaha masa depan di era globalisasi ini adalah tantangan yang dihadapi para pembuat kebijakan dan masyarakat. Kesulitan ini membutuhkan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat berwirausaha siswa. Seperti yang terlihat dalam meningkatnya jumlah literatur dan penelitian yang berfokus pada dampak pendidikan kewirausahaan dan niat berwirausaha, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hal-hal mempengaruhi niat kewirausahaan siswa, yaitu pendidikan ekonomi keluarga, kelompok teman sebaya, dan literasi ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring kepada sekitar 190 mahasiswa yang berkuliah di universitas sekitar wilayah Tangerang (dengan menggunakan metode judgemental sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok teman sebaya dan pendidikan ekonomi keluarga secara positif mempengaruhi niat berwirausaha siswa, dan hanya kelompok teman sebaya yang mempengaruhi literasi ekonomi. Ternyata, hasil penelitian ini berbeda dari beberapa penelitian sebelumnya. Hal ini diduga terjadi karena perbedaan lokasi, ukuran sampel, dan latar belakang responden. Namun, hasil penelitian mengkonfirmasi peran penting kelompok teman sebaya dan pendidikan ekonomi keluarga untuk merangsang niat berwirausaha mahasiswa. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan harus memanfaatkan kelompok teman sebaya di komunitas calon wirausahawan dan inkubator bisnis untuk meningkatkan niat berwirausaha. Selain itu, peran orang tua untuk mengenalkan kewirausahaan kepada anak-anak sangat penting untuk membangun semangat kewirausahaan lebih awal.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | niat berwirausaha, pendidikan ekonomi keluarga, kelompok teman sebaya, literasi ekonomi, kewirausahaan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > 330 Economics 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.04 Entrepreneurship |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:37 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 01:55 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21790 |
Actions (login required)
View Item |