Rancang Bangun Game 2D Platformer Media Pembelajaran Object Oriented Programming dengan Algoritma Fisher Yates

Jonathan, Louis (2022) Rancang Bangun Game 2D Platformer Media Pembelajaran Object Oriented Programming dengan Algoritma Fisher Yates. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada era sekarang, game digital telah diadopsi sebagai salah satu bagian dari alat mengajar dan belajar dalam ranah edukasi dan pembelajaran. Game digital mampu memotivasi pengguna dan menarik minat untuk memainkan game sekali- gus dalam mempelajari hal yang ditawarkan. Genre-genre yang terdapat di dalam game juga bervariasi. Salah satu genre yang ada yaitu 2D Platformer dimana genre ini menawarkan kontrol yang simpel dan mudah kepada pengguna. Object-oriented programming (OOP) merupakan salah satu paradigma pemrograman yang sangat penting di saat ini karena dapat membantu penyelesaian permasalahan secara tim dalam sistem yang besar. Object-oriented programming juga secara luas diajarkan seperti di universitas jurusan IT. Sistem konvensional dalam pengajaran menggu- nakan papan tulis dan spidol dinilai belum cukup dalam mengedukasi para ma- hasiswa dalam mata kuliah pemrograman. Penelitian lainnya juga menunjukkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari OOP. Dalam penelitian ini, al- goritma atau metode yang digunakan adalah Fisher Yates Shuffle Algorithm. Al- goritma Fisher Yates memiliki metode pengacakan yang lebih cepat dan efisien dibandingkan algoritma lainnya dan digunakan sebagai metode pengacakan soal dalam game 2D Platformer. Hasil penelitian didapatkan dengan menggunakan pemodelan GUESS-18(Game User Experience Satisfaction Scale) untuk menda- patkan tingkat penerimaan pengguna terhdap game 2D Platformer media pembela- jaran OOP menggunakan algoritma Fisher Yates dengan tingkat penerimaan peng- guna sebesar 88,45%, yang berarti pengguna "sangat puas" terhadap game yang dimainkan. Berdasarkan tingkat penerimaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa game 2D Platformer media pembelajaran OOP dengan algoritma Fisher Yates da- pat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran OOP kepada pengguna.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: 2D Platformer Game, Education Game, Fisher Yates Algorithm, GUESS, Object-oriented Programming
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.3 Programs
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:38
Last Modified: 09 Aug 2023 00:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21802

Actions (login required)

View Item View Item